Mewujudkan Masyarakat dan Media Penyiaran yang Ramah Kebhinekaan

43

KPID Jabar , Kamis 26 September 2018 menggelar sebuah seminar nasional bertema “Mewujudkan Masyarakat dan Media Penyiaran yang Ramah Kebhinekaan Untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa” dengan narasumber Prof Dr KH Miftah farid,Sejarawan Anhar Gonggong,Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis serta tokoh media penyiaran Corporate Secretary Emtek Grup, Gilang Iskandar. Seminar dibuka dengan sambutan Ketua KPID Jabar DR Dedeh F,Msi, Kakanwil Kemenag Jabar Drs HA Buchori ,MM dan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi S.Sos,MM.

 Prof Dr KH Miftah Farid mengawali seminar dengan menyajikan materi peran “Ulama memandu umat menciptakan suasana sejuk”. Narasumber berikutnya yakni Anhar Gonggong, sejarawan sekaligus tenaga profesional bidang Sosbud Lemhanas RI dengan tema materi ”Peran masyarakat dan media untuk menjaga 4 pilar”. Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis menyampaikan materi mengenai “Peran KPI dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019”. Pemateri terahir adalah oleh Gilang Iskandar Corporate Secretary Emtek Grup dengan materi “Peran media dalam menjaga kenetralan dan ramah kebhinekaan”.

Dalam sesi tanya jawab , suasana seminar  semakin menarik . Dalam sesi ini mencuat bahwa peran media cukup besar dalam memberikan informasi bagi masyarakat dan peran KPI sebagai filter informasi . Terkait dengan pelaksanaan Pileg serta Pilpres tahun 2019 , media penyiaran memegang peranan cukup penting, sebagai wadah yang diharapkan oleh masyarakat memberikan informasi yang akurat dan baik.

Seminar yang menjadi agenda rutin  KPID Jabar yang jadi bagian  tugas dan fungsi KPID , juga sebagai literasi media  KPID Jabar dalam melakukan kegiatan serta sosialisasi  yang penting diketahui masyarakat . Semakin pintarnya masyarakat dalam memilih dan memilah informasi yang disampaikan media penyiaran, telah memberi sumbangan bagi pembangunan generasi mendatang lebih cerdas. (E-001) ***