Krisis Air, Ribuan Pelanggan PDAM Tirtawening Merana

63

BISNIS BANDUNG – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum Tirtawening Kota Bandung, H.Soni Salimi mengaku, pasokan sumber air baku PDAM Tirtawening pada musim kemarau saat ini debitnya mengalami penurunan. Sumber air baku PDAM Tirtawening berasal dari Situ Cipanunjang dan Situ Cileunca Kab.Bandung masuk ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) Badaksinga .

Dikemukakan Soni , air baku dari Situ Cipanunjang  mengalami penyusutansangat drastis, level air normal  seharusnya berada pada 1446.50 Mdpl , namun saat ini berada pada 1425.20 Mdpl . Muka air Situ Cipanunjang saat ini turun sebanyak 21.30 meter , setiap harinya mengalami penyusutan sekira 24.8 cm, sama halnya dengan Situ Cileunca, mengalami penurunan sebesar 4.52 meter, setiap harinya menyusut sekitar 5.11 cm. Level air normal Situ Cileunca  1418.50 Mdpl , saat ini berada di level 1413.98 Mdpl.

Hal ini, lanjut Soni , telah menyebabkan terjadinya gangguan pendistribusian aliran air , seperti di wilayah timur dengan jumlah pelanggan yang terdampak sebanyak 49.519 , dari total pelanggan 74.669 .” Serta pelanggan lainnya di Kota Bandung dengan presentasi gangguan kepada pelanggan sebesar 66,3%,” tutur Soni, .

Menurut Soni , total produksi yang biasanya 1800 lpd akan mengalami penurunan yang signifikan apabila dua sumber air baku utama, yakni Situ Cipanunjang dan Situ Cileunca airnya terus surut . Untuk pengantisipasi gangguan pasokan air yang dialami pelanggan, PDAM Tirtawening Kota Bandung akan menurunkan 17 armada tangki air yang setiap hari akan didistribusikan kepada pelanggan. ”PDAM Tirtawening menghimbau pelanggan untuk menggunakan air secara efisien dan hemat , “ ujar Soni Salimi kepada wartawan disela sela kunjungan ke Situ Cipanunjang-Kabupaten Bandung, baru-baru ini.

Diungkapkan Soni, kekurangan air baku PDAM selalu berulang di musim kemarau. Kebutuhan air minum/air bersih terus bertambah, ironisnya air baku terus menurun. “Solusinya, melalui yakni pengerukan danau atau membuat penampungan baru (danau) sebagai cadangan air,” pungkas Sony. (E-018)***