Ratusan Orang Memunguti Sampah Plastik

36

Sampah plastik berbahaya bagi kehidupan, karena sulit diurai. Selain itu, mengantisipasi kerusakan turbin yang mengakibatkan terganggunya listrik pembangkit Jawa-Bali, ratusan pegawai dan warga beraksi pungut sampah di sekitar bendungan waduk Cirata.

Sampah plastik sangat merugikan bagi kehidupan dan lingkungan. Selain sulit diurai, sampah plastik membuat aliran air dari hulu tersendat dan berkurang, bahkan menganggu pasokan listrik pembangkit Jawa-Bali di bendungan Cirata, Kabupaten Bandung Barat.

Oleh karena itu, ratusan warga menggelar aksi pungut sampah limbah plastik, di sekitar bendungan cirata dan tower pembangkit listrik.

Menurut General Manager up Cirata, Muhammad Munir, sampah plastik sangat menganggu pasokan listrik, khususnya pembangkit Jawa Bali, karena dinilai bisa mengurangi kapasitas air. Oleh karena itu, aksi pungut sampah limbah plastik pun dilakukan.

Penyusutan volume air di sungai Citarum pada musim kemarau kali ini, mengakibatkan operasi turbin yang tak maksimal di PLTA Cirata. Kini tinggal dua dari delapan unit turbin, yang dapat dioperasikan. Saat ini, kemampuan PLTA Cirata dalam menghasilkan listrik sebanyak 250 megawatt. Meski begitu, hingga saat ini semua masih normal. Kini, daya listrik cadangan unit pembangkit listrik cirata pun masih di atas 26 ribu megawatt, dan terkendali dengan aman.

algi muhammad gifari, bandung tv.