Satpol PP Bongkar Paksa 27 Kios Pedagang

40

Bangunan kios pedagang di sepanjang jalan Pasir Hayam dan Cilaku menuju Cibeber kabupaten Cianjur, dibongkar paksa petugas Satpol PP, siang tadi.  Selain tidak mempunyai ijin bangunan, kios-kios pedagang tersebut dibangun di tempat umum, sehingga melanggar tata kota kabupaten Cianjur.

Menindaklanjuti penertiban bangunan kios liar di pinggiran jalan, yang menjadi program tata kelola keindahan kota kabupaten Cianjur, di kawasan jalan raya Pasir Hayam dan Cilaku, menuju Cianjur selatan, satuan polisi pamong praja kembali membongkar paksa puluhan kios pedagang yang liar.

Sebelumnya, pemilik kios di sepanjang jalan Pasir Hayam-Cilaku dan Cibeber, sudah diberikan surat edaran oleh satpol-pp. Namun, masih ada pemilik kios membandel, yang tidak mau membongkar sendiri kios dagangannya. Akhirnya, Satpol PP membongkar kios tersebut.

Menurut kabid perundang-undangan daerah Satpol-PP kabupaten cianjur, Robi Erlangga, sebelumnya para pemilik kios liar atau kios kelapa muda, sudah diberikan peringatan, secara tertulis maupun lisan saat menjalani patroli.

Penertiban ini dilakukan, karena bahu jalan milik pemerintah daerah akan difungsikan kembali sebagai fasilitas umum, seperti trotoar ataupun pelebaran jalan. Tidak ada perlawanan dari para pedagang ketika penertiban. Mereka sadar, telah mendirikan bangunan di lahan milik pemerintah.

Saat ini, Satpol pp kabupaten Cianjur rutin menggelar operasi simpatik, untuk menggugah kesadaran para pemilik bangunan liar, untuk membongkar sendiri. Pihaknya berharap, warga ikut menjaga ketertiban.

heri setiawan, bandung tv.