KPU Simulasikan Rekapitulasi Suara Secara Pararel

25

Untuk menyiasati waktu rekapitulasi suara yang terlalu lama, komisi pemilihan umum republik indonesia akhirnya mensimulasikan rekapitulasi suara pemilu secara pararel. simulasi pertama dilakukan di kecamatan gedebage bandung, pagi tadi.

Pada 2019, indonesia akan menggelar pemilu presiden dan legislatif secara serentak. menyiasati kemungkinan waktu rekapitulasi suara yang terlalu lama, komisi pemilihan umum republik indonesia menggelar simulasi rekapitulasi suara secara pararel. rekapitulasi dilakukan dengan maksimal 4 kelompok secara pararel, dengan mempertimbangkan jumlah tps yang ad. kecamatan gedebage dipilih sebagai tempat simulasi pertama di indonesia, dengan alasan lokasinya yang dekat dengan jakarta. selain itu, jawa barat memiliki jumlah tps terbanyak, yaitu mencapai 137 ribu.

Dari simulasi ini, kpu berharap, dapat diukur waktu yang diperlukan dalam merekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

Sementara itu, dengan sistem rekapitulasi secara pararel, pihak bawaslu mendapat tugas tambahan yaitu menangani saksi dari partai politik dan dpd yang jumlahnya bertambah.

Tidak hanya di kota bandung, rencananya kpu pun akan menggelar simulasi serupa di indonesia timur, untuk mengantisipasi hambatan yang dihadapi dalam hal kondisi geografis.

Budi hartati, bandung tv.