Jembatan Gantung Situ Gunung

81

Sebelum membahas tempat wisatanya, cara termudah untuk mencapai daerah Situ Gunung adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena untuk ke lokasinya belum ada kendaraan umum.Untuk para pelancong dari luar Sukabumi setelah sampai di pusat kota Sukabumi bisa melanjutkan tujuan ke daerah Cisaat.Dari kawasan Cisaat kita bisa menaiki ojek menuju kawasan Situ Gunung,apabila menggunakan kendaraan pribadi jalanan menuju lokasi kawasan wisata Situ Gunung sudah bisa diakses dengan cukup mudah.Kawasan wisata Situ Gunung merupakan kawasan yang sudah dikenal sejak lama sebagai tempat dengan panorama alam cantik. Terletak di kaki Gunung Gede Pangrango,secara administratif termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Beberapa waktu lalu kawasan wisata alam Situ Gunung membuka sebuah fasilitas penunjang wisata yang di klaim sebagai suspension bridge atau jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan  yang menghubungkan objek wisata Situgunung kekawasan Curug Sawer itu, memiliki ketinggian  mencapai 150 meter dari atas tanah. Adapun panjang membentang  hingga mencapai 250 meter. Jembatan gantung yang dibangun atas kerjasama Balai Besar TNGGP di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan PT Fontis Aqua Vivam.Pijakan pada jembatan ini menggunakan papan dari jenis kayu merbau asal Papua. Sesuai dengan standar operasional, kapasitas sekali melintas jembatan gantung sebanyak 40 hingga 50 orang.

Pada tanggal 15 hingga 30 juni 2018 jembatan ini di buka sementara, pada kegiatan tersebut pihak pengelola juga menempatkan para petugas di titik start, finish serta beberapa orang di sepanjang jembatan. ”Para petugas ditempatkan untuk mengatur dan mendampingi para wisatawan. Serta kepada para pengunjung kami sampaikan juga aturan-aturan untuk menyeberang jembatan ini.Peresmian pembukaan jembatan ini akan dilakukan dalam waktu dekat,dan akan diresmikan langsung oleh presiden Jokowi.Selama pembukaan sementara jumlah pengunjung cukup banyak hampir 2000 pengunjung setiap hari.

Jembatan gantung terletak diatas ketinggian hutan konservasi kawasan Situ Gunung,yang terdiri dari berbagai varietas pohon,bahkan dikawasan ini kita bisa melihat pohon pohon damar berusia ratusan tahun.Para pelancong akan dimanjakan dengan kesegaran udara khas pegunungan,selain itu bagi para penggemar swafoto area jembatan gantung tentu saja salah satu spot wajib untuk berswafoto.Keberadaan jembatan ini akan memangkas jarak cukup singkat untuk menuju kawasan Curug Sawer,Curug sawer merupakan salah satu objek favorit dikawasan ini selain danaunya.Pihak pengelola mengatakan dengan diresmikannya jembatan ini dalam waktu dekat,pihaknya optimis bahwa kawasan wisata Situ Gunung bisa memberikan dampak signifikan bagi kemajuan dunia pariwisata Sukabumi.Selain itu jembatan ini diharapkan mampu mendatangkan pelancong cukup banyak,sebagai imbasnya tentu saja semua elemen yang ada dalam dunia wisata Sukabumi akan merasakan dampaknya.