Pantai Kejawanan Cirebon Destinasi Wisata di Pantai Utara

58

Terletak dikawasan pantai utara wilayah Cirebon yang dikenal dengan keragaman budaya dan kulinernya. Cirebon tidak terpisahkan begitu saja dengan budaya Islam  dalam i kehidupan masyarakatnya. Beberapa keraton peninggalan kerajaan Islam Cirebon, hingga saat ini masih memelihara tradisi warisan leluhur. Pada masa lalu Cirebon merupakan pelabuhan  yang menjadi urat perekonomian masyarakat pesisir utara pulau Jawa. Kuliner Cirebon mencerminkan perpaduan beberapa budaya yang menghasilkan keunikan tersendiri baik dari citarasa maupun penggunaan bahannya. Perjalanan Mandalawangi ke wilayah Cirebon,mengunjungi destinasi wisata  pantai utara.

            Pesisir laut atau pantai sejauh ini masih menjadi destinasi favorit dikunjungi banyak orang. Gelombang ombak dan semilir angin seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain itu, mitos mengenai pantai terkadang  membawa wisatawan  karena dibayangi rasa penasaran.Terletak tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon,  Pantai Kejawanan  berada di Desa Yos Sudarso  tidak terlalu jauh  Taman Rekreasi Ade Irma Traffic Garden Cirebon. Kondisi Pantai Kejawanan yang landai dan dangkal menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung, terutama anak-anak. Karena mereka dapat bermain air hingga agak ketengah pantai. Namun demikian, pengunjung juga tetap dituntut  selalu berhati-hati saat sedang bermain di Pantai ini.

            Warga lokal kerap menjadikan Pantai Kejawanan ini sebagai lokasi liburan akhir pekan . Di Pantai Kejawanan, pengunjung  dapat menyewa perahu untuk  menikmati indahnya lautan biru dengan ombak tidak begitu besar. Tarifnya  Rp 3.000 – Rp 5.000. Pantai Kejawanan ternyata memilik mitos yang hingga saat ini masih dipercayai warga sekitar , air lautnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes, asam urat, stroke, radang tenggorokan, penyakit kulit, dan batuk dengan membasuh diri atau sekadar berkumur menggunakan air laut di pantai ini. Atau bisa juga dengan cara terapi lumpur di pinggir pantai. Akan tetapi yang namanya mitos tidak bisa dipercaya sepenuhnya.

            Kebersihan pantai cukup terjaga karena Pantai Kejawanan termasuk pusat wisata pantai. Di daerah pantai ini , kita bisa menikmati sajian seafood dan nasi jamblang yang dijual oleh pedagang di pinggiran pantai. Citarasa kuliner yang enak dengan harga bervariasi.Menikmati aneka kuliner sambil merasakan angin sepoi-sepoi serta melihat pemandangan sekitar pantai yang banyak ditumbuhi berbagai pepohonan menjadi favorit  pelancong  berkunjung ke pantai ini. (E-001) ***