Menghidupkan Kembali Kesenian Sunda Longser

35

Peduli dengan pelestarian kesenian, salah satunya drama Sunda kontemporer, seniman Cimahi menggelar  de longser show bagi para pelajar se kota Cimahi. Kesenian tradisional ini diharapkan dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat, khususnya untuk lebih mengenal terkait ragam bahasa sunda, di kalangan generasi muda.

Pagelaran de longser show ini, ini sengaja  mengundang pelajar SMP dan SMA, karena kesenian ini mempunyai nilai edukatif dan mereka bisa mengenal ragam bahasa Sunda. Kesenian longser merupakan teater tradisional jawa barat yang di dalamnya memuat unsur akting, lawakan,musik,nyayian, dan tari. Saat  pertunjukan longser, semua  bentuk kesenian di  terkandung di dalamnya.  Selain itu dengan menonton  longser, maka kita akan menyaksian dan merasakan atmosfer masyarakat sunda yang terkenal bahasa lokalnya serta keakrabannya. Bobodoran atau komedi yang dimainkan dalam cerita longserpun tidak kalah dengan cerita yang biasa dimainkan oleh para pemain stand up komedi yang saat ini sedang naik daun.

Kesenian longser yang dikemas dengan nuansa kekinian ternyata disukai oleh generasi muda.

Potensi seni tradisional seperti longser akan berkembang pesat apabila proses pewarisan dan pendidikannya dilakukan sistimatis dan berkesinambngan. Untuk itu diperlukan tangan-tangan terampil yang mampu memberikan spirit, sehingga para pewaris serta ahli waris seni tradisional terus bersemangat melibatkan diri memelihara dan mengembangkannya ke arah yang lebih maju.

algi muhamad giffari, bandung tv.