Mobil Perlu Perawatan Setelah Melakukan Coating

82

Belakangan ini, tren melapisi cat mobil dengan bahan khusus (coating) sedang digandrungi pengguna mobil premium untuk melindungi cat bodi mobil Anda agar tetap mengilap selama kurang lebih satu tahun.

Coating mampu melindungi bodi mobil dari paparan sinar ultra violet (UV) dan bercak air bekas hujan. Jadi, bodi mobil bersifat seperti daun talas, air akan mengalir dan tidak menimbulkan bekas.

Namun, harga yang ditawarkan untuk jasa coating ini tergolong mahal. Salon mobil rata-rata mematok harga Rp 2,5-Rp3 jutaan.

Mengapa bisa semahal itu ?. Karena bahan yang digunakan khusus dan prosesnya dilakukan tidak hanya sekali. Yang membuat mahal coating itu teknologinya. Karena, kandungan bahan kimia sudah disesuaikan untuk cat mobil polymer dan lain-lain

Banyak konsumen di Indonesia tidak tahu, sehingga setelah melakukan coating mereka membiarkan mobilnya tanpa melakukan perawatan setelahnya.

Tips agar mobil kesayangan tetap terlihat baru  :

Lakukan Perawatan

Perawatan setelah melakukan coating sangat dianjurkan untuk menjaga warna kilap dari mobil anda tetap terjaga, selain itu perawatan juga ditujukan untuk mengangkut sisa bintik bintik air, sisa jamur dan polusi. Dirawat dengan obat obat yang dianjurkan.

Pencucian Berkala

Penggunaan mobil yang hampir setiap hari, membuat mobil Anda semakin cepat terlihat kusam dan kotor,  dianjurkan minimal melakukan pencucain mobil dua hari sekali tanpa menggunakan shampo atau cuci cepat dan melakukan perawatan pencucain mobil seminggu sekali dengan shampo dan perawatan lainnya.

Penggunaan Shampo

Melakukan pencucian mobil tanpa shampo memang tidak selalu dianjurkan, namun jangan asal sembarangan memakai shampo, karena pada mobil itu pada dasarnya tertempel minyak, sedangkan minyak itu tidak bisa hilang hanya dengan air, karena berbeda sifatnya. Maka dari itu butuh shampo untuk mencuci mobil kita minimal seminggu sekali. Shampo dengan PH tinggi itu sangat bahaya untuk kualitas cat mobil, shampo yang baik untuk mencuci mobil itu PH-nya 12.

Menggunakan Air PDAM

Air salah satu faktor yang berpengaruh untuk mencuci mobil Anda, air yang bagus kadarnya adalah air PDAM, tidak dianjurkan untuk menggunakan air keran karena kadar besi yang terlalu banyak sehingga berbahaya untuk cat mobil kendaraan Anda yang sudah di-coating maupun yang tidak.

Pemakaian Lap

Lap juga sangat berpengaruh untuk kebersihan pada body dan mesin kendaraan Anda, dengan cara melap yang tidak benar akan menimbulkan goresan di body maupun pada kaca mobil Anda , sehingga akan sia-sia uang yang sudah dikeluarkan untuk melakukan perawatan mobil. Disarankan menggunakan lap berbeda pada panel atas dan bawah kaca dan body karena untuk menghindari efek baret, kalau baret di body mungkin masih bisa diakali, tetapi kalau sudah di kaca itu sulit dan juga bisa menggangu pandangan saat berkendara.

Mesin

Bagian mesin dalam dunia auto detailing adalah salah satu yang sangat vital, karena kalau pada yang lain ada kesalahan masih bisa dibetulkan, namun jika merawat mesin sudah salah, computerized bisa rusak semua. Jangan menyemprot mesin dengan air berkekuatan penuh, itu sangat tidak dianjurkan, begitu juga dengan menyiramkan langsung air ke mesin. Hanya diperbolehkan disikat tipis tipis dan menggunakan cairan pembersih yang kuat, juga untuk merawat mesin agar tetap terjaga kebersihannya. Bisa juga menggunakan vitamin engine. (E-002/BBS)***