Bandung Alami Fenomena Tanpa Bayangan

68

Hari ini, warga bandung  mengalami fenomena astronomi tanpa bayangan. peristiwa tersebut hanya berlangsung selama lima menit, mulai pukul 11 lebih 36 hingga 11 lebih 41 menit waktu indonesia bagian barat. fenomena tersebut biasanya terjadi setahun dua kali, yakni maret dan oktober.

Kamis ini, warga bandung  mengalami fenomena astronomi tanpa bayangan. ada satu waktu, bayangan jatuh tepat di atas obyek atau benda. peristiwa ini hanya berlangsung selama lima menit, sejak pukul 11 lebih 36 hingga 11 lebih 41 menit waktu indonesia bagian barat.

Menurut kepala bmkg stasiun bandung, tony agus wijaya, minggu ini, posisi matahari tegak lurus di wilayah bandung. fenomena ini rutin  terjadi setahun dua kali yakni maret dan oktober.

Peristiwa kulminasi utama ini tidak berdampak terhadap manusia. fenomena tanpa bayangan ini terjadi, karena bumi mengelilingi matahari, sehingga posisi matahari berubah setiap saat dan berulang setiap tahun. kamis ini, matahari tepat di atas kota bandung.

Saat fenomena ini terjadi, sebenarnya bayangan tidak hilang, melainkan jatuh tepat di atas benda tersebut. saat matahari bergeser ke arah barat, sedikit demi sedikit bayangan mulai terlihat kembali.

Fenomena ini biasa terjadi di masa peralihan dari musim  kemarau ke hujan. fenomena ini pun akan menyebabkan kegerahan di kota bandung, karena suhu di siang hari mencapai 32 derajat celcius.

Yuwana kurniawan, bandung tv.