Ratusan Buruh Kota Cimahi Berunjuk Rasa

38

Ratusan buruh dari aliansi serikat buruh serikat pekerja atau sbsp sekota cimahi, berunjuk rasa di depan gerbang kantor walikota dan gedung dprd kota cimahi, rabu siang. dalam aksi tersebut, buruh menolak peraturan gubernur nomor 54 tahun 2018, tentang penetapan umk dan umsk. selain itu, demonstran pun menagih janji walikota cimahi, terkait kesejahteraan buruh.

Dipimpin mobil komando, ratusan buruh aliansi serikat buruh serikat pekerja atau sbsp sekota cimahi, berunjuk rasa di depan gerbang kantor walikota dan gedung dprd kota cimahi, rabu siang.

Para buruh yang berasal dari enam serikat buruh atau serikat pekerja sekota cimahi ini, beraksi untuk menolakĀ  peraturan gubernur nomor 54 tahun 2018, tentang penetapan umk dan umsk.

Buruh mendesak pemerintah kota cimahi merekomendasikan kepada gubernur, untuk mencabut pergub tersebut. yang menjadi sorotan, yaitu pasal 9 point 13. dengan pasal tersebut, para buruh menilai, upah sektoral yang salah satunya harus disepakati apindo, tidak akan mungkin terealisasi di kota cimahi. hal itu lantaran, pihak apindo terkesan tidak menginginkan upah sektoral di kota cimahi. selain itu, demonstran pun menagih janji walikota cimahi saat kampanye pilkada lalu, terkait kesejahteraan buruh di kota cimahi.

Aksi unjuk rasa berjalan aman dengan pengawalan ketat polres cimahi. selanjutnya, perwakilan buruh diterima langsung ketua drpd, untuk beraudiensi.

Algi muhammad gifari, bandung tv.