KONI Jabar Tunjuk 3 Wilayah Jadi Tuan Rumah PORDA XIV, 2022

48

Kabupaten bandung barat, kabupaten subang, dan kota tasikmalaya, ditunjuk sebagai tuan rumah pekan olahraga daerah jawa barat keempat belas tahun 2022. penunjukan tersebut akan diteruskan ke gubernur jawa barat ridwan kamil, untuk ditetapkan pemerintah provinsi jawa barat.

Komite olahraga nasional indonesia jawa barat akhirnya menetapkan tiga wilayah untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan porda keempat belas tahun 2022, yakni kota tasikmalaya, kabupaten subang, dan kabupaten bandung barat. penetapan dilakukan melalui pertemuan antara koni jabar dengan 27 koni kota dan kabupaten, di sentul- kabupaten bogor, rabu malam. pada pertemuan tersebut, koni-koni daerah menyerahkan sepenuhnya penentuan tuan rumah porda 2022 kepada koni jabar, dan tidak ditunjuk melalui proses pemungutan suara.

Ketua umum koni jawa barat-ahmad saefudin mengatakan, porda 2022 akan digelar di tiga kabupaten dan kota. selain untuk mengurangi beban tuan rumah dalam hal biaya, digelarnya di tiga wilayah pun agar pembangunan sarana olahraga menjadi merata. tapi, yang lebih utama, untuk mengurangi dominasi tuan rumah, yang cenderung harus menjadi juara umum.

Ahmad menjelaskan, hasil penetapan tuan rumah porda dari koni jabar, akan diserahkan kepada gubernur ridwan kamil. pasalnya, pemerintah provinsi yang akan memberikan keputusan akhir. pada prinsipnya, gelaran porda merupakan event olahraga jabar. pihaknya pun ingin bersinergi dengan pemerintah untuk kemajuan olahraga jabar.

Selain keputusan penunjukan tuan rumah, dalam pertemuan tersebut koni kota dan kabupaten menyerahkan kepada koni jabar, terkait pembagian venue cabang olahraga di ketiga wilayah, yakni kabupaten subang, kabupaten bandung barat, dan kota tasikmalaya.

Irvan haryadi, hermanto sidik, bandung tv.