Di Cirebon Waterland Tertambat Perahu Ceng Ho

63

Tempat wisata ini merupakan pengembangan dari tempat wisata sebelumnya yang  cukup terkenal di Kota Cirebon, yaitu taman Ade Irma Suryani. Keberadaan tempat ini sudah ada sejak lama dengan nama Taman Traffic Garden.Perubahan nama menjadi taman Ade Irma Suryani terjadi pada tahun 1966. Cirebon Waterland dibuka pada tahun 2015,  berada di tepi pantai utara Kota Cirebon dengan pemandangan keindahan laut. Cirebon Waterland dilengkapi dengan 40 cottages yang berada di pinggir pantai. Tarif inap yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung fasilitas yang  anda pilih.

            Sebelum taman air ini dibangun dan dikembangkan, kondisi taman ini sangat kurang menarik. Karena taman ini adalah satu-satunya taman yang ada di Kota Cirebon,  menjadi andalan bagi warga sekitar untuk bersantai  dengan menikmati taman dan laut . Fasilitas yang disediakan pengunjung , antara lain waterboom, kolam renang olimpic, air mancur, perahu bebek, kolam arus, dan lainnya. Bagi para pecinta kuliner terdapat restoran berbentuk kapal laut raksasa dengan tulisan Ceng Ho yang menghadap ke laut  Jawa. Dari sisi kapal , pengunjung bisa melihat dermaga tempat menikmati cantiknya pemandangan laut.

            Sebagai tempat wisata dengan konsep menarik ada sebuah spot yang wajib pengunjung kunjungi, yaitu Dermaga Bambu panjangnya sekitar 500 meter. Selama perjalanan menuju ujung  dermaga bambu ada selter berupa bangku dari bambu. Di ujung dermaga berupa selter besar, mirip seperti gazebo yang mempunyai beberapa kursi untuk para pengunjung bersantai menikmati semilir angin  laut pantai utara. Spot ini banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berswafoto dengan latar dermaga dan laut Jawa. Bila ingin menikmati laut dengan berperahu tidak perlu khawatir,nelayan setempat menyewakan perahu untuk berkeliling dikawasan ini dengan tarif terjangkau.

            Salah satu aktivitas yang wajib dicoba selain menikmati berbagai fasilitas Cirebon Waterland , ialah berburu pemandangan cantik dan eksotis, menjadikan tempat ini cocok bagi anda yang hobi berfoto atau membidik pemandangan  indah. Ada banyak spot yang dapat anda bidik. Para pengunjung datang , selain dari daerah Cirebon , juga dari kota lain, tarutama pada musim libur. (E-001) ***