Nikmatnya Rasa Bubur Ayam Khas Cianjur Bertabur Kerupuk Warna-warni

54

Bubur ayam adalah salah satu jenis makanan populer di Indonesia. Bubur yang berbahan baku beras yang diolah , hingga memiliki tekstur yang lembut/lunak . Bubur biasanya disajikan hangat-hangat , ditambah irisan daging ayam, bawang daun,  kecap, merica, telur, kacang , ati ampela ayam , bawang goreng, seledri, tongcai (sayur asin), kacang kedelai goreng, cakwe, dan kerupuk. Bubur ayam cocok bagi mereka yang kurang menyukai masakan Indonesia yang pedas, karena bubur umumnya tidak pedas; sambal atau saus cabe disajikan secara terpisah.

Bubur ayam dibuat , bisa dimasak sendiri di rumah, dijajakan di gerobak pedagang keliling, atau dihidangkan di rumah makan. Dengan banyaknya orang yang menyukai masakan ini, para pembuat atau pedagang bubur ayam ,  memiliki ide atau kreasi sendiri, misalnya Bubur Ayam Sukabumi yang menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun dalam bubur panas hingga setengah matang. Bubur Ayam Tegal yang menyajikan kuah bumbu kuning yang khas layaknya masakan dari daerah Tegal. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam.

Oleh karena kekhasannya itulah, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri tersendiri dalam menyajikan bubur ayam.Salah satu daerah dengan citarasa bubur ayam khas ialah bubur ayam Cianjur. Bubur nasi yang lembut karena diolah dari beras pulen  Cianjur, jika didiamkan agak lama karena belum sempat dimakan,  bubur tidak cepat berair,selain lembut juga harum . Uniknya, bubur ini disajikan dengan banyak topping, yakni  kerupuk warna-warni, kacang tanah goreng, seledri, bawang goreng, kecap asin, suwiran daging ayam, dan yang paling khas adalah pepes daun bawang. Pepes daun bawang ini yang menjadi ciri khas bubur dari Cianjur.Pepes daun bawang bubur ayam Cianjur diolah ditumis dengan campuran kuah kuning kaldu tanpa santan dipadu dengan irisan ati ampela. Olahan daun bawang hijau ini disebut pais sebagai satu-satunya pembeda dengan bubur ayam lainnya. Rasanya yang gurih dan wangi, membuat bubur Cianjur selalu menggoda selera saat dihidangkan.

Ternyata perbedaan bubur ayam Cianjur dengan bubur ayam lainnya terletak pada dua hal, yakni  bawang daun tumis dan kerupuk warna warni. Bawang daun ditumis dengan kaldu ayam dan bumbu-bumbu. Satu sendok bawang daun tumis  disiram ke atas bubur ayam, lalu ditambah dengan kerupuk aneka warna yang telah dihancurkan, plus emping. Selain itu, pedagang bubur ayam Cianjur sering menawarkan makanan kroket atau semacam lumpia goreng isi bihun yang bisa disantap bersama bubur. Ada juga sate kulit dengan bumbu khas, namanya gurabed.Kisaran harga bubur ayam Cianjur antara Rp 8000 – Rp 15.000/porsi. (E-001) ***