5 Cara Jitu Jaga Hubungan Baik dengan Klien

39

KEPUASAAN klien memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam proses pembentukan citra suatu bisnis atau perusahaan. Agar hubungan baik dengan klien tetap terjaga, pelbagai cara pun dilakukan. Seperti dengan melihat penilaian kepuasaan sampai mendekati klien agar kerja sama bisa terus berlanjut.

Selain itu, Anda  juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar dapat menjaga hubungan baik dengan klien.

  1. Melemparkan pertanyaan

Kita tak perlu ragu untuk membawa diskusi ke arah yang lebih mendalam saat melakukan brainstorming dengan klien. Misalnya, dengan menanyakan tentang tujuan utama dari suatu promosi atau kampanye yang tengah dilakukan klien.

Tanyakan juga tentang harapan klien dari kerja sama yang ada. Catat setiap jawaban klien secara mendetail, siapa tahu akan berguna di masa depan.

  1. Mendengarkan

Dengan mendengarkan klien, maka suatu hubungan baik akan tercipta. Kita mesti memerhatikan keluhan, kritik, dan saran. Semua masukan ini adalah feedback positif untuk perusahaan atau bisnis.

Nantinya, feedback ini bisa dipakai sebagai acuan untuk melakukan evaluasi. Kita akan termotivasi untuk lebih baik dari feedback positif. Dan segera memperbaiki kinerja dengan melihat feedback negatif.

  1. Selalu menghormati kredibilitas kompetitor

Kompetitor bisa ditemukan di mana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Tak menutup kemungkinan, nantinya kita akan berhadapan dengan kompetitor yang superior. Meski bersaing, jangan lupa untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan dari produk mereka.

Belajar dari kompetitor, kita bisa menciptakan suatu inovasi produk dengan kualitas yang lebih baik. Tetapi, tidak perlu menyebarkan citra jelek atau gosip tentang kompetitor. Sikap seperti ini dapat menurunkan citra perusahaan yang kita kelola.

  1. Memakai umpan balik secara online

Kita bisa memakai jalur online untuk memajukan produk atau perusahaan. Bisa dimulai dengan bergabung pada forum online dan memberikan suatu penilaian pada produk yang telah dirilis kepada klien. Cara ini sangat bagus untuk memperbaiki kualitas produk.

  1. Menyusun strategi perencanaan bersama klien

Jika perusahaan mempunyai program tahunan, usahakan agar klien bisa terlibat di dalamnya. Cara ini dapat ditempuh dengan mengadakan pertemuan atau konsultasi. Ada baiknya, kita mempersiapkan secara matang konsep terbaik yang akan ditawarkan kepada klien.

Ini dia lima cara yang bisa kita coba untuk mendekati klien. Semoga saja kelima cara ini bisa membantu kita dalam membina hubungan baik dengan klien. (C-003/BBS)***