Debit Air Situ Cimeuhmal Menyusut

35

Menurunnya debit air situ cimeuhmal desa kiara payung, kecamatan banjaran, kabupaten bandung, berdampak sangat buruk bagi masyarakat. dampak buruk tersebut khususnya bagi para petani, yang membutuhkan pasokan air untuk menyirami tanaman mereka.

Kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan menurunnya debit air situ cimeuhmal, desa kiara payung, kecamatan banjaran, kabupaten bandung, yang merupakan sumber mata air warga dan petani, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti menyirami tanaman, mandi, dan sebagainya.

Biasanya, pasokan air yang diolah mencapai sembilan puluh liter perdetik, dan bisa menyirami dua sampai tiga hektar lahan. sekarang pasokan air turun hingga empat puluh persen, dan hanya cukup untuk menyirami lahan kurang dari satu hektar. warga khususnya petani pun sulit mendapatkan pasokan air untuk menyirami tanaman mereka.

Menurut seorang petani, isaq, sudah tiga bulan dirinya kekurangan air, sehingga sulit menyirami tanamannya. bahkan, hasil panennya pun berkurang drastis.

Sementara itu, menurut petigas situ cimeuhmal, yana rudiana, kekeringan sudah terjadi selama empat bulan, dan terus berlanjut hingga sekarang.

Diharapkan, kondisi ini dapat secepatnya membaik, mengingat musim penghujan akan datang november mendatang.

Rezytia prasaja, bandung tv.