Terowongan Kembar Cisumdawu Rampung Desember 2018

34

BISNIS BANDUNG – Pengerjaan terowongan kembar Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan ( Cisumdawu)  di Kampung Cilengsar RT 01/13, Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, dipastikan  rampung pada bulan Desember 2018 .

PengerjaanTunnel Tol Cisumdawu atau terowongan kembar ini, tinggal menembus sekitar 48 meter  di bagian kiri (left tunnel) terowongan sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Pengerjaannya terus dilakukan untuk mengejar target  agar kedua tunnel/terowongan ini bisa selesai progres.

Dijelaskan Kepala Satker Tol Cisumdawu, Wida Nurfarida , right tunnel sudah tembus, tinggal sisa  left tunnel sekitar 48 meter lagi. ”  Jadi insya Allah awal bulan November bisa tembus, tapi perampungan  sendiri mungkin pada akhir bulan Desember 2018, ” kata Wida Nurfarida kepada wartawan, saat ditemui di terowongan Cisumdawu, Selasa sore (16/10/2018).

Menurut Wida, karena progres ini tergantung pada pembebasan lahan, kita memang ada target percepatan dari pimpinan , sesuai arahannya kita percepat, targetnya  diminta lebih awal dari progres sekitar bulan Maret dan April 2019, tapi itupun tergantung dari pembebasan lahan. Jika lahan sudah 100 %, insya Allah kita komit dan fokus dengan pekerjaan.

Dikemukakan Wida , pembebasan lahan hanya tinggal prosesnya saja, karena prosesnya butuh waktu, sepertinya walaupun ada aturannya sesuai aturan Pemerintah dan Undang Undang nomor 2 tetapi tetap prosesnya mengikuti waktu dan alur.

Untuk proses sekarang adalah seksi 3, dari Cileunyi ke Rancakalong kita sudah mulai proses, sudah mulai kontruksi. dari Cileunyi . Sudah mulai ada proses pengerjaan dari awal  Gate Tol Cileunyi.   (E-010) ***