Tips Menentukan Wilayah Listing yang Menguntungkan

46

MENENTUKAN wilayah listing bagi agen properti adalah hal yang penting dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan.

Ingin bisnis properti makin lancar dan dapat banyak untung? Salah satu kuncinya, rajin mencari sumber listing. Listing atau listingan sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan jumlah properti yang dijual oleh broker.

Nah, dengan memiliki banyak sumber listing, jumlah listingan yang bisa dijual pun semakin banyak. Hal ini terkait dengan keleluasaan calon pembeli dalam memilih. Toh, Anda pasti lebih suka berbelanja di toko yang komplet, bukan?

Hal yang sama berlaku dalam bisnis properti. Semakin banyak pilihan, tentu kesempatan properti akan terjual semakin besar. Kalau penasaran, berikut sumber listing yang bisa Anda pertimbangkan sebagaimana dikutip BB dari Swara Tunaiku.

  1. Mailing List dan Forum

Hal ini berlaku bagi Anda yang suka mengikuti forum atau mailing list. Nah, karena ini bisnis properti, tentu Anda harus mencari forum jual-beli yang menawarkan produk bagus dan harga kompetitif. Adapun cara ini berguna banget kalau ingin efisiensi dana, waktu, dan tenaga.

  1. Iklan

Apa pun medianya, iklan bisa menjadi salah satu sumber listing yang berpengaruh. Satu tips, sebisa mungkin, carilah listing dengan kriteria sale by owner sehingga Anda tidak perlu melewati perantara. Biasanya, si pengiklan juga sudah mencantumkan alamat lengkapnya.

Kunjungi pula situs-situs penjualan properti lainnya dan pastikan properti yang ditawarkan sudah dilengkapi foto dan lokasi.

  1. Broker

Tidak ada salahnya mengajak broker untuk ikut bergabung. Bisa saja, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan sumber listing.

Namun, lantaran bersifat kerja sama, pasti akan ada perjanjian soal komisi yang diterima. Ada baiknya diskusikan hal tersebut lebih dulu agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

  1. Masyarakat

Jangan salah, masyarakat sekitar bisa menjadi sumber listing yang berpengaruh, lo. Apalagi, komisinya juga lumayan.

Namun, untuk sumber listing ini, harus peka dan up-to-date dengan kabar sekitar, ya. Caranya beragam. Bisa dengan sesering mungkin silaturahmi, ngopi di angkringan, dan masih banyak lagi.

  1. Teman

Relasi pertemanan bisa jadi sumber listing yang baik. Ini bisa berupa teman sekolah, kuliah, kantor, atau komunitas. Cukup jadi orang yang supel dan pandai-pandai bersosialisasi, ya.

  1. Bank

Menjadikan bank sebagai sumber listing memang bukan pilihan yang umum. Namun, layak dicoba. Jika Anda memiliki teman yang bekerja di bank, bisa langsung bertanya informasi soal lelang properti dengan kredit macet.

Umumnya, bank hanya menginginkan utang dari si pemilik kredit macet lunas. Sehingga, Anda bisa mendapatkan properti bagus dengan harga yang kompetitif. Cukup lihat isi perjanjian yang sudah dibuat.

  1. Notaris PPAT

Berkaitan dengan tugasnya membuat akta jual-beli, notaris PPAT bisa menjadi sumber listing yang baik. Apalagi, jika Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai notaris PPAT. Nah, jangan lupa tanya soal harga jual properti masing-masing wilayah, ya. Itu dia 7 sumber listing yang bisa Anda jadikan rekomendasi. Bisa coba salah satu atau seluruhnya. Selamat mencoba!