5 Trik Jitu Membersihkan Laptop

67

SIAPA dari Anda yang rajin membersihkan laptop yang sehari-hari digunakan? Banyak dari Anda pasti jarang membersihkan kotoran debu atau remahan makanan yang terjatuh di keyboard atau menempel di laptop.

Jika dibiarkan, kotoran yang menempel tentunya bakal membuat laptop yang digunakan kurang nyaman dipakai atau dipandang.

Berdasarkan laporan tim peneliti IT pada 2016, keyboard komputer berpotensi menjadi ‘rumah’ bagi banyak kuman, serupa dengan tempat duduk toilet.

Karena itu, tidak ada salahnya seminggu sekali membersihkan laptop. Ada baiknya sebelum dibersihkan, Anda mematikan atau mencabut baterai laptop agar tidak bermasalah.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah trik paling jitu membersihkan laptop sebagaimana dilansir Mentalfloss, Minggu (21/10/2018).

  1. Casing Laptop

Pastikan mematikan laptop Anda lebih dahulu. Saat dalam keadaan mati, ambil kain dan spons untuk membersihkan debu dari casing laptop.

Usahakan untuk menggunakan seminimal mungkin pembersih berbahan cairan yang lebih kuat dari sabun yang dilarutkan.

Ada baiknya Anda menghindari penggunaan alkohol atau pembersih yang mengandung zat hidrogen peroksida ketika membersihkan layar laptop.

Setelah membersihkan bagian casing laptop dengan kain lembab, ada baiknya untuk dibersihkan kembali menggunakan kain kering.

Hal ini untuk menyingkirkan cairan yang menempel di casing laptop.

  1. Hati-hati Bersihkan Layar

Layar laptop termasuk sensitif dibersihkan. Ada baiknya Anda sedikit berhati-hati saat membersihkan layar, khususnya material bahan yang digunakan.

Anda bisa memakai kain mikrofiber yang dibasahi air. Jika keduanya masih gagal, gunakan tisu khusus pembersih layar.

  1. Bagian Keyboard

Selanjutnya, membersihkan kotoran dari keyboard harus perlahan-lahan agar air tidak masuk ke bagian dalam.

Gunakan sekaleng udara terkompresi atau perangkat vakum kecil untuk menyingkirkan remah-remah yang mungkin terganjal di antara tombol keyboard.

Posisikan keyboard pada sudut 75 derajat saat menyemprotkan udara ke dalam, dan putar laptop perlahan untuk membersihkan remah-remah yang membandel di dalam.

Setelah itu, oleskan korek kuping dengan alkohol untuk membersihkan lemak atau minyak yang membandel di antara tombol.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol, dan jangan sekalipun menempelkan korek kuping ke dalam keyboard.

  1. Trackpad

Bagian terakhir yang wajib Anda bersihkan adalah trackpad di bagian bawah keyboard. Untuk melakukannya, persiapkan kain basah yang bebas serat.

Untuk membersihkan minyak dari jari yang menempel di trackpad, ada baiknya Anda menggunakan alkohol atau air.

  1. Hapus File yang Tidak Digunakan

Setelah semua bagian luar laptop sudah dibersihkan, ada baiknya Anda sekaligus membersihkan ‘sampah digital’ agar laptop bekerja dengan mulus.

Hapus semua file yang tidak digunakan, bersihkan folder Recycle Bin, dan hapus file download-an yang sudah tidak diperlukan. (C-003/Ysl)***