Mengenal kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT

53

Kita akan membahas tentang transmisi CVT, singkatan dari Continous Variable Transmission yang merupakan sistem transmisi otomatis atau tanpa gigi perseneling seperti mobil transmisi manual (M/T) atau mobil transmisi matic (A/T) standar. Oleh karena itu, mobil yang menggunakan transmisi CVT tidak perlu mengoper tuas perseneling untuk mengatur posisi gigi 1,2,3,4. Pengganti dari tuas gigi adalah dua puli penggerak dan puli yang digerakkan. Kedua puli tersebut terhubung langsung dengan sabuk yang terbuat dari serat baja (belt).

Puli yang digunakan sebagi penggerak memiliki sistem yang menyesuaikan dengan kebutuhan mobil. Kecepatan diatur secara otomatis, jika putaran mesin naik , kecepatan akan di sesuaikan. Pada dasarnya, puli menggerakkan mesin dari rasio kecil ke besar sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan puli yang di gerakkan bekerja bertolak belakang (dari rasio besar ke kecil).

Transmisi CVT memiliki cara kerja yang lebih halus karena tidak ada hentakan yang ditimbulkan dari proses perpindahan gigi perseneling atau perpindahan transmisi menggunakan belt.

Kelebihan transmisi CVT adalah :

Mobil dengan transmisi CVT  lebih mudah dikendarai dibanding dengan mobil bertransmisi manual, karena dengan transmisi CVT hanya bermain gas dan rem saja seperti sepeda motor matic yang sudah kita kenal.

Akselerasinya terasa lebih lembut tanpa adanya hentakan seperti pada transmisi manual pada saat berpindah posisi gigi.

Engine Brake  bekerja lebih baik dibanding dengan transmisi lainnya, sehingga saat melintas di jalan menurun kerja rem akan menjadi lebih ringan.

Bahan bakar lebih efisien pada transmisi CVT karena mesin terkontrol stabil dibanding dengan transmisi manual ataupun matic standar.

Kekurangan transmisi CVT adalah :

Biaya lebih mahal. Transmisi CVT jika mengalami kerusakan , kita harus bersiap mengeluarkan uang yang lumayan banyak karena strukturnya lebih mahal sebab komponennya lebih kompleks dan presisi.

Akselerasi pada transmisi CVT sudah diatur dengan komputer, oleh sebab itu jarang sekali mobil sport menggunakan transmisi jenis CVT ini.

Memang transmisi CVT lebih irit dibandingkan dengan transmisi lainnya. Namun, jika terjadi kerusakan terutama pada fan beltnya, bukan hal yang tidak mungkin bahan bakar menjadi boros karena fan belt yang sudah aus  berimbas pada putaran yang tidak maksimal. (E-002)***