Guru Honorer Aksi Jalan Kaki Ke Istana Presiden

28

Pelaku aksi jalan kaki dari kabupaten indarmayu menuju istana presiden di jakarta, rabu siang, baru sampai di kabupaten cianjur. kedatangannya disambut isak tangis para guru honorer di cianjur. sang pelaku aksi, sukma umbara, berangkat dari indramayu menuju istana presiden di jakarta, untuk memperjuangkan nasibnya sebagai guru honorer.

Inilah aksi yang dilakukan salah satu tenaga guru honorer, sukma umbara, warga desa balareja, kecamatan gantar, kabupaten indramayu. rabu siang, sukma tiba di kabupaten cianjur. sukma berangkat dari kabupaten indramayu senin lalu, 15 oktober 2018.

Setibanya di kabupaten cianjur, sukma disambut ratusan tenaga guru honorer yang sengaja menunggu kedatangannya. bahkan, ada yang sempat menangis melihat perjuangan sukma, yang mempunyai tekad memperjuangkan nasib para guru honorer, dengan cara berjalan kaki. di setiap daerah atau kecamatan, sukma berhenti untuk beristirahat, sambil menerima titipan surat dari para guru honorer, untuk disampaikan kepada presiden joko widodo.

Menurut sukma umbara, sebelum beraksi jalan kaki, dirinya melatih fisik dengan olah raga lari selama seminggu. aksi jalan kaki ini terinsfirasi zohri, seorang atlet lari juara dunia asal indonesia. sukma berjalan kaki menuju istana presiden, guna menyampaikan surat-surat tuntutan dari para guru honorer, yang ingin ada perhatian khusus dari pemerintah.

Salah satu guru honorer di cianjur, menangis melihat aksi sukma umbara, yang nekad berjalan kaki untuk memperjuangkan tuntutan para guru honorer. dirinya berharap, perjuangan sukma umbara dapat terwujud.

Tuntutan lainnya, yaitu sk guru honorer dari bupati segera diterbitkan, pemerintah tidak membatasi usia guru honorer untuk mengikuti seleksi cpns, dan tolak penetapan p3k. dengan aksi sukma, seluruh guru honorer di kabupaten cianjur berharap, pemerintah mengangkat para guru honorer menjadi pns.

Heri setiawan, bandung tv.