Aplikasi Kaaba Wakili Indonesia pada Ajang GIES 6 di Dubai

26

APLIKASI Kaaba Virtual Experience menjadi wakil tunggal dari Indonesia dalam perhelatan Global Islamic Economy Summit (GIES) ke–6. Acara yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab itu digelar 27 Oktober-1 November 2018.

“Aplikasi Kaaba masuk kategori Islamic Media Information and Communication,” kata Gerryadi Agusta, CEO Kaaba Virtual Experience.

Kaaba dipilih panitia acara setelah bersaing dengan 10 produk islamic economic di Indonesia. Dari 126 peserta asal 23 negara, Kaaba berada di peringkat ke-10.

Produk Kaaba yang masuk ke dalam nominasi tersebut, yaitu aplikasi Kaaba Buku Saku, Virtual Reality, dan Augmented Reality yang membawa pengguna seakan tengah mengunjungi tempat ibadah di Tanah Suci Mekah.

Spesifikasi itu terkait dengan kualitas produk, menginspirasi, segi pasar, dan keberlanjutan produk. “Harapannya Kaaba bisa semakin berinovasi lagi, memberikan inspirasi dan manfaat bagi siapapun,” kata Gerryadi lewat pesan tertulis, Jumat, 26 Oktober 2018.

Per 20 Oktober lalu, aplikasi Kaaba telah memperbarui dua fitur baru, yaitu arah kiblat dan info amal. Selanjutnya bakal ada pembaruan dan fitur tambahan yang sedang dikembangkan.

Kamar Dagang dan Industri Dubai dan Pusat Pengembangan Ekonomi Islam Dubai (DIEDC) menggelar Global Islamic Economy Summit dengan mengundang 23 negara Islam. Pertemuan itu merupakan forum terbesar dan terlengkap di dunia yang didedikasikan untuk ekonomi Islam.

Penyelenggaraannya di bawah perintah Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab dan Penguasa Dubai.

Beberapa pembicara seperti Chairman of Dubai Chamber of Commerce & Industry, H.E. Majid Saif Al Ghurair, Chairman of DIEDC, H.E. Sultan Bin Saeed Al Mansoori dan puluhan speakers yang menginspirasi lainnya.

Ikut hadir juga 2.500 pejabat dan pemimpin bisnis dari 74 negara yang memiliki daya tarik dalam

dunia ekonomi Islam. Rangkaian acara lainnya yaitu Islamic Creative Economy Competition dan Global Islamic Business Awards. (C-003)***