Jatuh Bangun Satu Dekade Bitcoin

26

MATA uang kripto Bitcoin pada 31 Oktober mendatang genap berusia 10 tahun. Dalam satu dekade terakhir, Bitcoin menjadi yang terdepan dalam sistem keuangan komplek yang diwaspadai oleh pasar dan investor.

Menurut catatan AFP saat ini harga per unit Bitcoin mencapai US$6.400 dari awalnya hampir berada di angka nol. Bitcoin menjadi versi murni peer to peer uang elektronik yang menghilangkan perantara atau orang ketiga.

Tak hanya itu, mata uang kripto ini juga memungkinkan terjadinya pembayaran online langsung antara satu pihak dengan pihal lain tanpa melalui lembaga keuangan.

Satu dekade berlalu, Bitcoin terus diperbarui mengunakan sistem pendaftaran desentralisasi yang dikenal dengan sistem blockchain.

Mata uang kripto terus didorong setelah runtuhnya bank investasi Lehman Brothers pada bulan September 2008. Keruntuhan ini mendiskreditkan sistem konvensional sekelompok kecil elit bankir yang menetapkan aturan moneter.

Bitcoin kemudian juga berevolusi selama beberapa tahun di mata publik, dari geeks hingga kriminal. Bahkan para kriminal melihatnya sebagai salah satu cara untuk mencuci uang.

Pada 2013, harga Bitcoin menembus US$1 ribu. Dengan menembus harga tersebut, institusi finansial mulai memerhatikan Bitcoin. Kepala Federal Reserve Amerika Serikat Ben Bernanke memuji potensi dari bitcoin.

Masa kecil yang bermasalah

Saat berusia enam tahun pada 2014, mata uang kripto menghadapi krisis terbesar dalam sejarah.  80 persen Bitcoin yang diperdagangkan Mt. Gox mengalami  peretasan.

Perusahaan yang berbasis di Jepang ini mengaku kehilangan total 850 ribu bitcoin dengan valuasi hampir US$500 juta atau sekitar Rp7,6 triliun.  Mt. Gox bahkan harus menyatakan pailit akibat kasus peretasan ini.

Bitcoin diprediksi akan terjatuh dan mati, kendati mampu bangkit.  Butuh waktu tiga tahun agar Bitcoin bisa pulih sepenuhnya pada tahun 2017.

Kebangkitan ini menjadi titik balik bagi Bitcoin karena mata uang kripto kemudian mengangkasa ke angka US$19.500  per unit pada akhir tahun 2017.

Artinya Bitcoin memiliki total kapitalisasi lebih dari US$300 miliar atau sekitar Rp4,5 kuadriliun.  Pada Januari 2018, valuasi seluruh mata uang kripto mencapai 800 miliar atau sekitar Rp12 kuadriliun.

Analisis mata uang kripto Bob Mcdowall mengatakan mata uang digital berkembang secara substansial berkat Bitocin. Mcdowall merujuk pada terciptanya 200 mata uang kripto selain Bitcoin.

“Ini menjadi lebih dari sekedar inovasi dan ekonomi. Ini hampir menjadi agama bagi sebagian orang,” ujar Mcdowall.

Tercatat, sekarang ini ada lima hingga sepuluh transkasi Bitcoin setiap detiknya. Ke depannya, regulator Amerika sedang menggodok aplikasi untuk dana yang diperdagangkan di bursa berbasis Bitcoin. (C-003/EVN)***