Pelamar Kerja dari Kaum Disabilitas Masih Sedikit

28

BISNIS BANDUNG – Sekertaris Umum Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia ,  H. Hendarta, SH, MM mengemukakan, anggota Aprindo mempekerjakan kaum disabilitas pada bidang pekerjaan yang memungkinkan mereka bisa melakukan aktivitas pekerjaannya, seperti di bagian administrasi dan sortasi produk. 

        Diakui Hendarta  , jumlah pelamar kerja dari kaum disabilitas di sektor ritel masih sedikit. Kebijakan rekrutmen setiap perusahaan berbeda , khususnya untuk penyandang disabilitas tunarungu/tunagrahita , toko eceran tidak mempekerjakannya. “ Tapi bagi penderita cacat kaki dan tangan masih dapat diterima berkerja di sektor industri ritel,” tutur Hendarta , Senin.

        Menyinggung masalah ketersediaan infrastuktur untuk pekerja disabilitas , Hendarta menyebut, masih terbatas di tempat umum. Untuk upah , mereka diperlakukan sama dengan pekerja lain dan aturan ketenagakerjaan yang berlaku. Bahkan untuk konsumen disabilitas mendapatkan pelayanan sama seperti masyarakat pada umumnya. Namun untuk penyandang kebutaan disediakan “treatment khusus” takkala berbelanja, dengan mengantarkan dan menanyakan produk yang dibutuhkan. (E-018)***