10 Kiat agar Bisnis Kue Makin Laris dan Sukses

27

SALAH satu bisnis yang menjanjikan di kota-kota besar adalah bisnis kue dan cake. Apalagi kue zaman sekarang sudah banyak model sehingga membuka peluang untuk berinovasi.

Supaya bisnis kue makin laris dan manis, lebih baik intip dulu 10 kiat bisnis kue dari berbagai sumber berikut ini :

  1. Perbanyak latihan

Practice makes perfect. Begitu juga untuk urusan membuat kue. Anda harus rajin latihan dan mencoba sampai ketemu formula dan rasa terbaik. Jangan lupa berikan sampel kue untuk dicicipi orang-orang terdekat dan minta pendapat jujur mereka.

  1. Ciptakan resep rahasia

Setelah berlatih membuat kue dengan berbagai teknik, Anda pasti akan menemukan resep baru. Jangan ragu untuk mengembangkan hasil eksperimen ini menjadi resep rahasia untuk diaplikasikan di kue daganganmu.

  1. Miliki ciri khas

Saat belajar kue, boleh saja mencoba berbagai jenis yang menurutmu menarik. Tapi, untuk bisnis kue, lebih baik fokus pada satu jenis saja. Misalnya, kue pernikahan, kue ulang tahun, atau cupcake.

Setelah itu, ciptakan ciri khas dari kue-kue Anda sehingga orang gampang ingat. Misalnya, dari nama toko, dari branding yang dipilih, dan lain-lain.

  1. Kemasan dan dekorasi kue harus menarik

Selain rasa harus enak, kemasan dan dekorasi kue juga harus mendapatkan perhatian khusus agar disukai para pembeli.

Pilih supplier terpercaya untuk menyediakan bahan dekorasi hingga kemasan. Jangan sampai tertipu dan harus mengeluarkan uang lagi. Oleh karena itu, lebih baik survei terlebih dahulu atau minta rekomendasi teman.

  1. Menggunakan sosial media untuk promosi

Zaman sekarang, wajib hukumnya menggunakan sosial media sebagai alat promosi. Selain gratis, juga efektis. Gunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter yang mudah diakses.

  1. Membuat website

Selain media sosial, ada satu cara efektif lain untuk mempromosikan bisnis. Yaitu, dengan membuat website khusus yang memajang kue yang diproduksi.

Dengan website, para calon pembeli bisa melihat tampilan dan harga kue yang dijual. Website tidak harus berbayar. Anda bisa mulai dengan membuat blog gratis.

  1. Riset pasar

Supaya bisnis sukses, Anda wajib melakukan riset pasar. Gunanya adalah untuk mengetahui selera pasar yang sedang tren, supaya kue-kue buatan Anda bisa dimodifikasi yang populer di masyarakat.

Untuk riset pasar, yang harus dilakukan adalah mendatangi beberapa toko kue dan mencicipi kue buatan mereka yang paling laku.

  1. Harga yang realistis

Harga akan menjadi penentu laku atau tidaknya kue. Maka Anda harus tentukan harga yang tepat. Ada satu teknik memasang harga yang layak buat ditiru, yaitu dengan cara menghitung semua pengeluaran dan membuat batas minimal harga untuk kue yang akan dijual.

Jangan sampai memasang harga kue di bawah batas minimal tersebut karena nanti tidak dapat untung dan tidak balik modal. Pasanglah harga sedikit di atas harga produksi harga dan tentukan berapa untung yang rasional.

  1. Siap kerja dalam waktu lama

Membuka bisnis kue, apalagi untuk yang baru mulai, akan butuh tenaga dan niat yang besar. Beberapa pemula di bidang ini tak jarang harus bangun pukul 2 pagi untuk mulai menyiapkan adonan. Di pertengahan jalan, tentunya Anda bisa merekrut karyawan untuk meringankan pekerjaan.

  1. Gabung dalam lembaga kursus

Asah terus kemampuanmu membuat kue dengan rutin mengikuti kelas-kelas baking yang diadakan oleh lembaga kursus.

Dengan ikut kelas lembaga kursus, Anda akan dilatih oleh orang yang berpengalaman di bidangnya. Kelas-kelas seperti ini cenderung berbayar. Tapi, ada juga yang diadakan secara cuma-cuma.

Itulah dia 10 kiat sukses, jika dilakukan dengan konsisten dan bersungguh-sungguh, semoga bisnis kue Anda akan laris dan makin sukses. (C-003)***