Curug Cibaliung Bogor Di antara Bebatuan Kokoh

34

Destinasi yang yang dituju secara administratif berada di Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Untuk menuju sebuah obyek wisata di daerah itu , dari jalan tol keluar melalui  pintu tol Sentul City,  masuk ke jalan  utama Jungle Land. Sebelumnya gerbang Jungle Land, belok kanan arah perkampungan sampai di sebuah pertigaan, belok kiri ke arah Leuwi Hejo, sebuah obyek wisata yang mempunyai beberapa obyek berbentuk leuwi , seperti  Curug Leuwi Hejo, Curug Barong, Curug Leuwi Cipet, Curug Leuwi Lieuk.

            Sebelum sampai area curug kita harus melakukan trekking selama kurang lebih antara satu sampai satu setengah jam. Selama trekking, jalur yang kita tempuh berupa jalan setapak. Curug Cibaliung berada paling ujung  objek wisata Curug Leuwi Hejo, karena lokasinya paling ujung belum banyak pengunjung yang mengunjungi curug itu. Selama trekking, suguhan pemandangan alam yang indah, kelelahan terasa terbayar dengan panorama  . Sepanjang jalur kita bisa menemukan beberapa penjual makanan dan minuman untuk mengusir dahaga serta mengganjal perut.

            Disarankan  tidak mengunjungi tempat ini pada saat musim penghujan, karena area trekking sangat licin sehingga risiko terjatuh cukup tinggi, juga antisipasi terhadap datangnya banjir bandang. Untuk berkunjung ke daerah ini ,sebaiknya  berangkat pagi-pagi , setelah subuh agar tidak terlalu siang sampai di sana, sehingga dapat menikmati pemandangan pada cuaca yang belum terlampau panas, dan  kembali ke tempat semula agar  lebih nyaman dan aman. Karena melewati area trekking saat sudah gelap cukup berisiko.

            Daya tarik dari Curug Cibaliung Bogor selain  pemandangan alamnya, juga aliran airnya yang jernih yang mengalir dari sumber mata air alami yang sangat jernih dan segar. Para pengunjung dapat menyegarkan diri dengan berendam maupun berenang di kolam penampungan air. Meski tidak terlalu luas kolam itu dapat Anda gunakan untuk berenang dan berendam. Air terjun yang memiliki aliran air sangat jernih itu diapit oleh bebatuan kokoh .

            Saking indahnya pemandangan  di area Curug Cibaliung Bogor ,kawasan itu menjadi tempat melakukan aktivitas fotografi. Para pengunjung yang datang tak melewatkan untuk mengambil gambar dan berfoto di lokasi. Air terjun yang tidak telalu tinggi namun deras dan jernih berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungai  merupakan keistimewaan  , selain kejernihan airnya, bebatuan raksasa di sekelilingnya di sepanjang  menimbulkan sensasi tersendiri. (E-001) ***