Obyek Wisata Widarapayung yang Elok Dengan Hamparan Bunga Khas Pantai Selatan

16

Obyek wisata Pantai Widarapayung di Binangun Kabupaten Cilacap. Aksebilitas menuju obyek ini bisa ditempuh dengan berbagai moda transportasi,karena kontur jalanan sudah cukup baik. Moda transportasi umum  tujuan pantai Widarapayung  mudah ditemukan di pusat kota Cilacap. Pantai Widarapayung  memiliki wilayah yang tidak begitu luas, tapi memiliki daya tarik keindahan. Pantainya dipenuhi  pepohonan kelapa, menjadikan pantai lebih sejuk, ditambah  tanaman pohon lain yang tumbuh di bibir pantai.

Pantai ini pernah terkena imbas tsunami yang melanda pantai Pangandaran  17 Juli 2006 lalu. Kerusakan infrastruktur pantai Widarapayung ditata kembali oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap kembali, antara lain jalan  yang menghubungkan Pantai Ketapang Indah di Desa Sidaurip dan Pantai Karang Pakis di Desa Karang Pakis. Keadaan pantai itu menjadi lebih lengkap. Di pantai itu pengunjung dapat menikmati olahraga surfing, voli pantai, dan berkuda. Untuk menjaga keselamatan  pengunjung, pemerintah setempat  menempatkan pos tim SAR.

Beberapa keunikan Pantai Widarapayung ombak besar yang umumnya terjadi di pantai-pantai selatan. Di pantai Widarapayung kalian akan merasakan suasana yang berbeda karena banyak tumbuh pohon pandan,  tapi bukan pandan yang biasa digunakan untuk bahan pewangi makanan. Pohon pandan di sini daunnya berduri, tumbuh subur sepanjang Pantai Widarapayung. Di bagian barat Pantai Widarapayung terdapat tanaman bunga liar yang indah. Warga setempat menyebutnya tanaman bunga dukut gulung,tanaman khas pantai selatan.

Wisata Pantai Widarapayung di Binangun Cilacap Jawa Tengah  ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat itu memberi sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari.  Pantai Widarapayung  Binangun Cilacap  memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi dan dinikmati. (E-001) ***