Penyebab Skutermatik Boros

28

Saat ini, skuter matik (skutik) menjadi sepeda motor yang cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari. Terlebih saat ini kondisi lalu lintas di kota-kota besar yang cukup padat .

Selain itu , ada masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna motor skutik, setelah beberapa lama dipakai, motor  terasa jadi  boros BBM.

Faktor yang membuat skutik jadi boros BBM  karena cara kerja dari transmisinya. Saat ini, sebagian besar skutik yang dijual memakai transmisi jenis continuous variable transmission (CVT).

Pada transmisi CVT, perputaran roda belakang diatur oleh dua piringan yang dihubungkan dengan sabuk karet. Tidak ada gigi atau gear yang biasa terlihat pada transmisi jenis manual.

Lalu, apa sebenarnya penyebab skutik  lebih boros BBM ?

Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, hal ini hanya karena masalah yang simpel. Selain karena tidak rutin dalam hal perawatan sepeda motor, borosnya skutik juga bisa disebabkan oleh gaya berkendara yang kurang tepat.

Salah satu contohnya, saat pengendara berkendara di antara kemacetan yang dilakukannya adalah “tancap” gas dan mengerem (stop and go). Skutik merupakan kendaraan bermotor yang mesinnya langsung merespon dan mendorong putaran roda pada saat gas dipuntir.

Saat pengendara tanpa sadar tetap menggenggam tuas rem,  putaran mesin  akan tetap terjadi, walaupun motor tidak bergerak.

Konsumsi  BBM rata-rata skutik yang berkapasitas 100-125cc biasanya tidak jauh dari angka satu liter berbanding 40-60 kilometer. Sementara untuk motor bebek, konsumsi BBM bisa mencapai kurang lebih dua kali lipat.

Pastikan untuk tidak berbarengan antara buka gas dan rem. Kenapa? Karena itu sama saja dengan menahan putaran roda belakang, jadi akan menyebabkan motor skutik menjadi lebih boros.

Bahkan tidak hanya urusan boros yang terjadi saat kesalahan ini dilakukan karena rem yang menahan roda itu artinya kita telah membuat kampas rem bekerja ekstra, sehingga membuat daya cengkramnya menjadi ikut berkurang dan kampas rem menjadi cepat habis. (E-002/BBS)***