Dimas Anggara, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Hebat

10

Screenplay Film dan Legacy Pictures kembali menghadirkan Dancing The Rain. Sebuah film yang menceritakan kehidupan Banyu, seorang anak pengidap autisme menampilkan aktris kawakan Christine Hakim yang berperan sebagai Eyang Uti, Dimas Anggara (Banyu), Deva Mahenra (Radin) dan  Bunga Zainal (Kinara).

Sejak lahir, Banyu ditelantarkan orang tuanya. Namun Eyang Uti dengan penuh kasih sayang merawat dan membesarkan Banyu.

Rasa iba semakin dalam begitu Banyu diketahui mengidap spektrum autis. Hal ini membuat Banyu sulit berinteraksi dengan lingkungan.  Banyu  sering di-bully oleh teman-temannya.

Namun seiring waktu, dia menemukan sahabat yang sangat menyayanginya, Kinara dan Radin. Ketiganya semakin kompak. Walau persahabatan mereka harus mengalami sebuah ujian.

“Awalnya aku ingin karakter seperti itu, kebetulan Screenplay film memberikannya. Saya baca naskahnya, saya takut, ternyata berat nih karakter,” ungkap Dimas saat ditemui di BTC XXI Pasteur Bandung, Minggu (21/10).

Alumnus Pelita Harapan ini, baginya anak-anak berkebutuhan khusus  merupakan orang-orang hebat.

“Mereka spesial, lebih dari orang normal. Dan saya mau tahu, bagaimana rasanya menjadi mereka, bagaimana bisa bertemu orang banyak, saya juga melatih empati saya,” ujar pria keturunan Kebumen-Batak.

Film yang mengambil gambar di Jakarta itu, memakan waktu selama sebulan. Walau ada kesulitan, Dimas mampu melewati semua walau didampingi psikiater.

“Pesan dari film ini, betapa perjuangan keluarga sangat berat untuk menjaga kita, dan arti persahabatan sejati, kita nggak boleh menjelek jelekkan kekurangan orang, dan juga kelebihan, jadi masing-masing punya kelebihan dan kekurangan,” ujar peraih FTV Award ini.

Alhamdulillah, tambah Dimas , melihat penonton keluar dari bioskop, punya ikatan yang kuat, keluar air mata, melihat itu , kita dan screenplay berhasil memberikan pesan. Itu yang kita harapkan,” pungkasnya. (E-011) ***