Jeniper Kuningan Banyak Diburu Kaum Wisatawan

16

Berkunjung ke Kota Kuningan rasanya kurang lengkap apabila anda tidak membeli minuman khas dari kota ini , yakni jeniper yang banyak diburu wisatawan sebagai oleh-oleh khas dari Kuningan, selain tape ketan. Jeniper merupakan singkatan dari Jeruk Nipis Peras, konon minuman ini banyak memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh . Jeruk nipis atau yang memiliki nama lain citrus aurantifolia swingle  dikenal memiliki kandungan vitamin B1 dan Vitamin C cukup tinggi. Kandungan vitamin ini berkhasiat untuk membantu mengobati  influenza, batuk serta untuk melangsingkan badan.

Jeniper  tersedia dalam dua kemasan, siap minum dan  sirup. Jenifer siap minum dikemas dalam botol kecil , sedangkan untuk yang jenis sirup dikemas dalam kemasan (botol)  besar. Jeruk Nipis Peras  rupanya sudah ada sejak tahun 1996 , berawal dari percobaan selama satutahun yang dilakukan oleh Kardono Sastrasuhadja untuk membuat minuman dari sari jeruk nipis, akhirnya ditemukan sebuah formula yang cocok untuk menghasilkan sari jeruk nipis dengan citarasa yang pas.

Manfaat Jeniper di antaranya untuk :

Menyeimbangkan Asam Lambung

Asam lambung yang tidak seimbang , menjadi salah satu menyebabkan penyakit maag. Dengan meminum Jeniper , sari jeruk nipis yang masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi alkaline yang mampu menyeimbangkan asam lambung.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C yang terkandung di dalam minuman ini akan membantu tubuh untuk tetap terjaga dari berbagai serangan penyakit serta dapat mengembalikan kebugaran.

Menurunkan Berat Badan

Untuk  wanita atau pria yang ingin menurunkan berat badan, coba minum jenifer. Kandungan serat pangan yang ada di dalamnya bisa membantu  untuk menghilangkan lemak dalam tubuh.

Mengobati Panas Dalam dan Sariawan

Gejala panas dalam dan sariawan bisa dikurangi dengan mengkonsumsi minuman ini secara rutin

Memperlancar Pencernaan

Saat ini banyak  produk obat bagi masalah pencernaan yang mengandung sari jeruk nipis di dalamnya. Kenapa begitu? Karena kandungan serat dan asam yang cukup tinggi dalam sari jeruk nipis memang mampu menyembuhkan berbagai macam masalah pencernaan

Detoksifikasi Alami

Flavanoid bernama Hesperidin yang ada di dalam jeruk nipis  mampu menurunan kadar kolestrol dan trigliserida.

Minuman yang menjadi ciri khas Kota Kuningan ini dapat diminum ketika santai maupun saat tubuh membutuhkan asupan tambahan vitamin. (E-001) ***