Kickfest 2018 Diikuti 100 Lebih Brand Clothing Ternama

38

INDUSTRI fesyen independen di Kota Bandung tak pernah mati. Salah satu yang menjadi ciri pergerakan itu terus hidup dan menggeliat adalah gelaran Kickfest.

Tahun ini, Kickfest 2018 merupakan penyelenggaraan ke-12. Gelaran festival fesyen terbesar itu berlangsung selama tiga hari dari Jumat-Minggu (2-4/11/2018) di Lapangan PPI Pussenif, Jalan WR Supratman, Kota Bandung.

Karena menggandeng Telkomsel sebagai sponsor utama, pesta para pencinta fesyen ini diberi nama Simpati Kickfest XII dengan tema Untold Journey. Simpati Kickfest XII akan dibuka dari pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Ketua Kreatif Independen Clothing Komuniti (KICK) Bandung Ade Andriansyah mengatakan, tahun ini terdapat 100 lebih brand clothing dan 30 brand sneaker yang ikut serta memeriahkan Simpati Kickfest XII.

Dari 100 lebih brand clothing itu, 50% di antaranya dari Kota Bandung. Sedangkan 50% yang lain dari Jakarta, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan lain-lain.

Brand asal Baandung yang ikut serta antara lain, Screamous, Popculine, Racun Cinta, Realizm87, Insurgent club, Erigo, Brainsto, Rotten, Orkids, Bloods, Epidemic, Daydreamz, Evil, Based Club dan lain-lain.

Ade mengemukakan, sebenarnya jumlah brand yang mendaftar untuk ikut Simpati Kickfest XII sangat banyak. Namun panitia membatasi dengan menerapkan beberapa kriteria. Seperti kualitas, orisinalitas produk, dan range harga yang logis.

Pengujung 2018 adalah sebuah babak baru untuk simPATI Kickfest XII. Kota Bandung menjadi kota penutup dari rangkaian pameran clothing yang digagas oleh Kreatif Independent Clothing Komunity (KICK) bersama PT Dyandra Promosindo dan disupport penuh oleh simPATI.

“Bandung merupakan kota kelima setelah sebelumnya Kickfest sukses diselenggarakan di Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, dan Malang. Kami menargetkan jumlah pengunjung Simpati Kickfest XII lebih dari dari 60.000 orang,” kata Ade di sela-sela konferensi pers Simpati Kickfest XII, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, Kamis (1/11/2018).

Tjuk Guritno dari KICK mengatakan, penyelenggaraan Simpati Kickfest XII ini, merupakan momentum untuk mengenang sebuah perjalanan akan pergerakan industri fesyen independen selama tiga dekade, era 80-an, 90-an, dan 2000-an.

“Karena itu, untuk Kickfest 2018 ini kami mengusung tema Untold Journey. Kami mendokumentasikan perjalanan akan pergerakan itu dalam bentuk film pendek,” kata pria yang akrab disapa Gurit ini.

Sementara itu, Manager Branch Bandung Telkomsel Saki H Bramono mengatakan, Telkomsel mendukung penuh industri kreatif yang dikerjakan oleh kalangan anak muda di Indonesia, terutama Kota Bandung. Karena itu, Telkomsel hadir di Kickfes 2018 sebagai sponsor utama.

Di event ini, Telkomsel bertunjuan untuk meningkatkan penggunaan T Cash. “Di Simpati Kickfest XII, kami menargetkan jumlah pengguna T Cash meningkat dibanding tahun lalu. Pada 2017, pengguna T Cash saat Kickfest berlangsung sekitar 20% dari total transaksi,” kata Saki. (C-003/awd)***