Kurang, Kotak Suara PEMILU 2019

32

Sejumlah logistik pemilihan umum 2019 mulai didistribusikan komisi pemilihan umum atau kpu pusat, ke setiap daerah provinsi, kota, dan kabupaten, termasuk ke kabupaten bandung. namun, badan pengawas pemilu atau bawaslu kabupten bandung menemukan, terdapat kekurangan dua puluh tujuh kotak suara, namun belum didistribusikan lagi hingga saat ini.

Senin siang, logistik bilik suara dan kotak suara pemilu diturunkan di gudang logistik kpu, jalan raya soreang-banjaran, desa ciluncat, kecamatan cangkuang. pendistribusian bilik suara sudah dilakukan kpu pusat sejak 19 oktober lalu, melalui pihak ketiga.

Terdapat kekurangan 12 unit bilik suara dan 15 unit kotak suara untuk kebutuhan di 3 tps. jumlah bilik suara dan kotak suara ini berkurang, karena pengajuan kebutuhan logistik diajukan saat penetapan dps atau daftar pemilih sementara. sedangkan saat penetapan daftar pemilih tetap, jumlah tps bertambah.

Berdasarkan ketentuan pkpu nomor 15 tahun 2018 tentang norma, prosedur, dan distribusi logistik pasal 16, kebutuhan bilik suara per tps 4 unit. selain itu, berdasarkan pasal 17, ayat 1 dan 2, pertps membutuhkan 5 unit kotak suara. pengajuan kotak suara saat penetapan dps sebanyak 51 ribu 675 unit, dan saat penetapan dpt mencapai 51 ribu 690 sehingga ada kekurangan bilik suara dan kotak suara. sedangkan bilik suara yang dibutuhkan saat pengajuan dps sebanyak 41 ribu 340 dengan jumlah tps 10 ribu 335. namun, saat penetapan dpt, tps seharusnya mencapai 10 ribu 338, dengan kebutuhan 41 ribu 352 bilik suara.

Gudang logistik kpu kabupaten bandung terdapat di empat titik, diantaranya di jalan raya soreang-banjaran, desa ciluncat, junti girang kecamatan katapang, mahmud kecamatan margaasih dan kecamatan soreang. bawaslu juga memastikan, gudang logistik kpu ini aman, karena bekerjasama dengan anggota polres bandung.

Rezytia prasaja, bandung tv.