GENRE CERIA, JAUHI SEKS PRANIKAH, PERNIKAHAN DINI DAN NARKOBA

11

BKKBN kembali menyosialisasikan program pembangunan keluarga melalui kegiatan GENRE ceria (generasi berencana ceria). Kegiatanya diisi pemberian materi oleh kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Sukaryo Teguh Santoso, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kota Bandung Eddy Marwoto, Dan Anggota  Komisi 9 DPR- RI Ketut Sustiawan .

Kegiatan sosialisasi GENRE ceria kali ini  masuk di titik yang  ke-25, bertempat di sma negeri 25 bandung kelurahan Mekarjaya, kecamatan Rancasari, Kota Bandung, sabtu 3 November 2018. Kegiatan ini merupakan kemitraan BKKBN dengan komisi 9 DPR-RI, yang dilaksanakan di Kota Bandung dan Cimahi sebanyak 26 kali, dengan 4 tema yang diangkat. Tema pertama, sosialisasi pembangunan keluarga melalui generasi berencana, kedua penguatan keluarga di kampung KB, ketiga pelayanan kesehataan berkaitan dengan kepersertaan keluarga berencana, dan keempat pengendalian kependudukan .

Anggota komisi 9 DPR-RI, ketut sustiawan menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi remaja, agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak, untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi berencana. Remaja harus banyak melakukan kegiatan positif, mengikuti gaya hidup sehat, dan mempersiapkan mental serta kemampuan diri agar kelak bangsa ini memiliki generasi yang siap membangun bangsa ke arah kehidupan yang lebih baik. Ia juga  mengingatkan agar remaja menjauhi narkoba, sex bebas, dan pernikahan dini. Ia pun berharap, para remaja di sekolah maupun di lingkungan masyarakat, dapat membentuk PIK (pelayanan informasi dan konseling) remaja, seperti yang ada di SMAN  25 Bandung .

Ketut sustiawan menegaskan, program keluarga berencana ini merupakan implemantasi dan tujuan berbangsa dan bernegara, yakni untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Remaja harus mengikuti keluarga berencana sejak dini, agar paham dalam mempersiapkan keluarga yang lebih baik, sehingga memperkuat bangsa .