Perumahan Di Perbatasan Diterjang Banjir Bandang

17

Puluhan rumah di kawasan perumahan graha indah, perbatasan kota cimahi dan bandung, diterjang banjir bandang, minggu petang, setelah diguyur hujan lebat sejak sore. tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. namun, tingginya genangan air yang mencapai dua meter, menenggelamkan badan jalan dan sempat masuk ke sejumlah rumah warga.

Inilah tayangan video amatir yang direkam warga saat banjir bandang menerjang kawasan perumahan graha indah kota bandung, minggu petang. selain menenggelamkan badan jalan, genangan air juga masuk ke rumah warga.

Selain hujan lebat, banjir juga diduga akibat jebolnya tanggul sungai ciwarga, yang alirannya melintasi perumahan warga. selain itu, banjir juga diduga akibat terlalu sempitnya gorong-gorong aliran sungai di lokasi perumahan.

Hingga minggu malam, sebagian rumah warga kampung di sekitar perumahan, digenangi air setinggi setidaknya 1 meter. warga berusaha menyelamatkan barang-barang berharga mereka. dengan alat sedot air, warga pun berusaha membuat air cepat surut.

Sementara itu, warga perumahan yang genangan airnya telah surut lebih dulu, langsung membersihkan lumpur yang dibawa arus banjir. menurut warga, banjir tersebut sudah yang ketiga kalinya, sejak empat hari lalu.

Warga berharap, ada upaya dari pemerintah kota bandung dan cimahi, untuk menuntaskan banjir di kawasan perumahan di perbatasan ini. selain memperbaiki tanggul yang jebol, juga memperbesar volume gorong-gorong aliran sungai di lokasi perumahan.

Algi muhammad gifari, bandung tv.