Musim Ke empat BATTLE OF CAMPUS Kompetisi Bola Basket antar Perguruan Tinggi

44

Bila kita lihat sejarahnya, permainan bola basket sudah  berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith pada 18 Januari 1892. Salah satu perkembangannya adalah diciptakannya gerakan slam dunk atau menombok, sebuah gerakan saat memasukkan dan melesatkan bola basket  ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik  berkekuatan luar biasa.

Sejalan dengan waktu yang terus bergulir, olahraga bergengsi ini berkembang cukup pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kompetisi bola basket antar perguruan tinggi atau lebih dikenal dengan Battle Of Campus yang selama 3 tahun terakhir sukses digelar,  memasuki tahun  ke empat kompetisi bola baskek versi BOC sesuai dengan misi #alLaboutCommunity paling diminati sekaligus lifestyle bagi muda-mudi ini terus ditingkatkan dan dikemas dengan mengikuti zaman,  guna menjaring dan melahirkan bakat-bakat potensial dalam mengembangkan bola basket di Indonesia.

Pada kompetisi bola basket antar perguruan tinggi tahun 2018 , diikuti sebanyak 16 tim putra dan 12  putri sedang berlangsung di GOR Pajajaran, Bandung, dari tanggal mulai 11 hingga 17 November 2018. Salah satu tim kampus yang ikut dalam kompetisi , antara lain  tim dari  Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) sebagai juara bertahan pada tiga musim berturut-turut Battle of Campus. Kemudian tim dari Unpad, ITB, UIN, UPI dan lainnya.

Sementara itu Yudha Prama Jati, Ketua Pelaksana Battle of Campus Basketball mengatakan, kegiatan kompetisi tahun 2018 lebihi banyak  perubahannya dibanding tahun 2017 untuk mengangkat kreatifitas mahasiswa yang ingin kita angkat pada kegiatan ini. Misalnya, melalui media sosial yang sedang booming, kita angkat dari sisi vlog, photo hunt.

Juga dari  membina teman-teman basket , kita punya banyak tool,  salahsatunya Campus Zone yang mengajarkan entreprenure dan lain-lain. Dikemukakan Yudha   , olahraga basket akan terus dikembangkan oleh komunitasnya, sebab itu saya berterima kasih untuk teman-teman  LAZONE.ID yang mau kolaborasi , hingga tampilan kegiatan menjadi lebih hidup dan banyak  content yang ditampilkan , seperti DJ Battle, Acoustic Battle, terus ada Talkshow dari Sneakers dan lainnya.

Selain itu  pada malam Opening ceremony Battle Of Campus 2018 yang digelar di ballroom hotel Mercure, Minggu 4 November 2018 terdapat kejutan , yakni diluncurkannya logo terbaru i BOC beserta jingglenya/ sekaligus mengenalkan LAZONE.ID yang merupakan wadah digital para komunitas kampus , baik secara online maupun offline dalam mengeksplorasi kreativitasnya.  Pada kesempatan ini, Tries Pondang Simbolon yang mewakili LAZONE.ID Regional Bandung Kota mengungkapkan, karena Visi dan misi sama, pihaknya fokus membuat kegiatan yang berbasis kreativitas. Basket  dilingkngan kampus  paling digemari,  bukan sekadar olah raga, tapi juga punya lifestyle tersendiri.

Tries menambahkan,  jadi tak hanya soal basket, tetapi juga  mengangkat kelebihan lainn dari setiap kampus. Melalui ajang ini, kami berharap besar para mahasiswa bisa meraih prestasi sesuai tagline pihaknya ”’raih prestasimu”. Menurut Tries Pondang , selama kompetisi  berlangsung setiap pertandingan  diselingi oleh giveaway dari sneakersland kepada para penonton. Selain itu pada puncak acara akan dimeriahkan   Battle of Campus 2018 dengan menampilkan rapper Iwa K & Laze.

Kompetisi ini diharapkan menjadi salahsatu jalur  menuju karir sebagai pebasket professional. (E – 009) ***