Uji Tabrak Delapan Mobil MPV

99

Lembaga pemeringkat keselamatan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) melakukan tes tabrak (Crash Test) terhadap 44 model kendaraan di Indonesia.

“Ada yang mendapatkan rating 0 bintang ada juga yang mendapat rating bagus sampai 5 bintang,” ujar Communications Officer ASEAN NCAP Salina Mustaffa.

Mobil yang mendapatkan rating 0 bintang untuk crash test  adalah mobil hatchback Renault Kwid dan Suzuki Carry. Untuk bintang 5 yang merupakan poin tertinggi adalah, di antaranya Toyota Sienta, Honda City dan Toyota Innova .

Namun bagaimana dengan hasil crash test model MPV yang merupakan mobil paling populer di Indonesia?

  1. Mitsubishi Xpander

Xpander yang dites tabrak merupakan varian standar MT GLS yang diproduksi di Indonesia untuk pasar Indonesia, Thailand dan Filipina dan Vietnam. Mobil ini memiliki 2 airbag dan fitur keselamatan  Electronic Stability Control.

Dalam tes tabrak dari depan, mobil bisa melindungi bagian kepala dan kaki  pengendara maupun penumpang dengan sempurna.

Untuk perlindungan orang dewasa, mobil diberi poin 5 bintang, namun untuk perlindungan anak kecil ratingnya hanya 4 bintang. Dengan skor keseluruhan 71,66, Xpander harus mendapatkan rating 4 bintang.

  1. Toyota Sienta

Toyota Sienta mendapatkan rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa dan 4 bintang untuk perlindungan anak kecil.

Namun untuk varian yang tidak memiliki fitur electronic stability control, Sienta hanya mendapatkan rating 4 bintang.

  1. Toyota Innova

MPV kebanggaan Toyota , yakni Innova  mendapatkan hasil  cukup bagus yakni 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Sedangkan perlindungan untuk anak kecil mendapatkan rating 4 bintang.

  1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Mobil sejuta umat Toyota Avanza serta Daihatsu Xenia mendapatkan rating 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Sedangkan untuk perlindungan anak kecil mobil hanya mendapatkan rating 2 bintang. Mobil yang dites tidak memiliki electronic stability control.

  1. Toyota Calya

Sedikit kejutan dari adik Avanza,yakni  Calya. Mobil mendapatkan rating 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Dan perlindungan anak kecil , 4 bintang.

Mobil yang dites merupakan varian 1.2 G manual tahun 2016.

  1. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina mendapatkan rating yang sama seperti Calya yakni 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Dan perlindungan anak kecilnya pun sama yakni 4 bintang.

  1. Suzuki Ertiga

Sama seperti Calya dan Grand Livina, Ertiga model lama mendapatkan rating yang sama yakni 4 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Dan perlindungan anak kecil  4 bintang.

  1. Daihatsu Sigra

Untuk mobil Low Cost and Green Car Daihatsu Sigra mendapatkan rating  cukup buruk, yakni 1 bintang. Hanya untuk perlindungan anak kecil yang mendapatkan rating 2 bintang.

Dari hasil pengukuran alat yang dipakai dalam crash test, kepala pengendara tidak mendapatkan perlindungan yang cukup.

(E-002/BBS)***