ITB dan Siemens Siapkan Mahasiswa Hadapi Era 4.0

36

BISNIS BANDUNG- Institut Teknologi Bandung (ITB)  dan PT Siemens Indonesia bekerja sama menggelar “National Student Competition 2018” atau kompetisi nasional bagi mahasiswa dengan topik “Industri 4.O” di Aula Timur ITB  Jl.Ganasha  10 Bandung pada 14 hingga 16 November 2018.

Kompetisi yang diikuti oleh 30 tim mahasiswa teknik dan 10 universitas di Indonesia sebagai upaya peningkatan keterampilan  dan pelatihan guna memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi baru serta mempersiapkan negara dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan masa depan.

Hal  tersebut seiring dengan kebijakan pemerintah  yang menerapkan langkah strategis untuk meningkatkan pendidikan SDM Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan revolusi industri keempat atau  era 4.O.

Dalam  keterangan persnya, Kamis (15/11), Dekan Fakultas Teknologi Industri ITB, Prof.Dr.Deddy Kurniadi menyebutkan Kelompok Keahlian Intrumentasi dan Kontrol  ITB memegang peranan penting dalam mempromosikan dan mendukung perlaksanan industri 4.O di Indonesia dengan memberikan akses kepada para mahasiswa teknik untuk meningkatkan keterampilan kompetisi mereka dalam penerapan otomasi industri.

Kompetisi dapat menjadi alat ukur bagi para mahasiswa yang ingin memajukan pengetahuan atau mengejar karir di sektor otomasi industri.”Kami berharap para peserta akan mendapatkan pengalaman lebih banyak melalui kompetisi ini yang sangat berguna ketika memasuki dunia kerja,” tutur Deddy.

Kepala Devisi Digital Factory dan Devisi  Process Industries & Drives PT Siemens Indonesia, Pascal Dricot mengatakan  mahasiswa  semestinya mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini.

”Kompetisi  ini bertujuan menjembatani kesenjangan keterampilan antara industri dengan akademisi, memberikan paparan praktis dan kesempatan untuk mengasah keahlian mahasiswa. Kami mendukung dan bangga pada para insinyur masa depan,” ujarnya.

Rangkaian lengkap sistem otomasi industri siemens  yang terdiri atas PLC Simatic S7, loT 2040 dan TIA Portal versi 15 beserta rangkaian lengkap perangkat layanan otomasi digital dipamerkan dalam acara tersebut.(B-002)***