Pesona Kebun Raya Kuningan Masih Belum Tertata

19

Di wilayah Kuningan , kehadiran tempat wisata edukatif seperti Kebun Raya ternyata cukup menyedot perhatian masyarakat , terutama pada musim libur. Kebun Raya di Kuningan  memiliki potensi wisata yang tak kalah menakjubkan dibanding dengan Kebun Raya Bogor . Kebun Raya Kuningan berada di wilayah Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan berada di segitiga pusat pertumbuhan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan  sendiri.

Bagi Anda yang naik kendaraan pribadi, untuk menuju obyek ini  sebaiknya mengambil jalur arah Sumber Plangon dan sesampai di sebuah pertigaan, Anda  mengambil jalur lurus . Kemudian saat menemukan Tugu Macan berwarna hitam, Anda bisa melihat petunjuk jalan menuju Kebun Raya Kuningan sejauh 8 kilometer. Dari sini Anda akan melewati objek wisata Cipaniis , hingga menemukan pertigaan. Lanjutkan perjalanan dengan berkendara lurus ke arah Padabeunghar.Setelah itu Anda akan melintas jalanan menanjak yang bisda dilalui  mobil berukuran sedang, karena jalanan tersebut cukup sempit dan pada sisi kanan terdapat jurang. Jika telah melewati jalanan tersebut, Anda akan sampai di Bukit Alam Batu Padabeunghar.  Anda tinggal mengikuti papan petunjuk menuju arah Kebun Raya Kuningan. Jangan khawatir akan tersesat, sebab banyak rambu dan papan petunjuk yang jelas untuk menuju Kebun Raya Kuningan.

Di Kebun Raya Kuningan,  Anda bisa menemukan berbagai spot menarik seperti Taman Kuning yang merupakan tanaman berbentuk lingkaran yang ditanami aneka bunga langka. Kemudian ada pula Patung Kuda, Taman Awi Si Eugeug, Taman Tipikal Gunung Ciremai, Situ Lurah, Situ Cibuntu, Air Mancur, Pusat Informasi dan Edukasi bagi Anda yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap mengenai flora di Kebun Raya Kuningan, Pembibitan, Rumah Anggrek, hingga Rock Garden.Berbeda dari Kebun Raya lainnya, Kebun Raya Kuningan memiliki area bebatuan yang terlihat begitu indah jika dilihat dari kejauhan.

Kebun Raya Kuningan diketahui memiliki peranan sebagai ‘site’s window’ dari Taman Nasional Gunung Ciremai, wisata alam untuk perlindungan, meminimalisir dampak negatif degradasi sumber daya alam, pengembangan produk pariwisata yang berorientasi pada nilai edukasi, serta membentuk peran aktif masyarakat dalam memberikan nilai tambah terhadap pembangunan ekonomi wilayah.Dalam rencana pengembangannya, area Kebun Raya Kuningan akan dibagi menjadi beberapa sub-zona, di antaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia, khususnya Jawa, area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik (Taman Awi dan Taman Tumbuhan Bebatuan). (E-001) ***