Tebing Batu Gunung Jaya Cirebon Jadi ”Sasaran” Kaum Penjajal Adrenalin

61

Di wilayah kota maupun kabupaten  Cirebon , tidak hanya terdapat peninggalan sejarah berupa keraton atau peninggalan budaya . Wilayah Cirebon, juga memiliki beberapa potensi wisata alam , salah satunya adalah daerah Batu Lawang di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Di lahan seluas 3 hektare , pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan tebing bebatuan dari puncak Pegunungan Jaya. Penataan kawasan wisata Batu Lawang dilakukan sejak tahun 2017 oleh warga desa yang berhimpun  dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) . Sebuah lembaga kerjasama dengan Perum Perhutani. Sesuai dengan namanya, Batu Lawang,  adalah sebuah wilayah  tebing serta batu yang bentuknya seperti lawang atau pintu. Tebing-tebing di area ini biasanya dimanfaatkan sebagai arena panjat tebing oleh para pecinta alam. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana dari ketinggian  bisa menuju puncak-puncak batu dengan catatan harus ekstra hati-hati.

            Untuk menuju Batu Lawang di Cupang Kecamatan Gempol terdapat  dua jalan, pertama dari  Arah Ciwaringin dekat Rumah Sakit Sumber Waras kemudian belok ke arah kiri. Jalur kedua dari Arah Prapatan belok ke ki kiri arah Rajagaluh lurus sekitar 1 km, kemudian belok ke kiri melewati sebuah jembatan ,  belok ke kiri melewati area persawahan .Untuk  patokan adalah Balai Desa Cupang karena lokasi ini dekat dengan Balai Desa Cupang dan jika kesulitan menemukan tempat ini bisa bertanya ke warga sekitar . Batu Lawang merupakan potensi wisata yang dimiliki Desa Cupang yang belum digarap secara maksimal. Namun di tengah keterbatasan sarana dan prasarana obyek  tersebut, masyarakat sekitar kerap menjadikan lokasi tersebut sebagai ruang publik untuk bersantai bersama keluarga.

Selain itu, keberadaan pohon di sekitar tebing menambah asri suasana wisata di Batu Lawang. Beberapa saung juga terlihat dibangun di bawah tebing . Tidak hanya itu, di sekitar kawasan ini juga banyak tersedia warung yang menyediakan jajanan dan minuman.Tebing Lawang atau Batu Lawang  memiliki ketinggian beragam, mulai dari 30 sampai 100 meter , memiliki lebar kurang lebih 200 meter dengan jenis batuan andesit. Dinamakan Tebing Lawang karena dari bentuknya yang mirip dengar pintu rumah jaman dulu. Lokasi Tebing Lawang  berada di Gunung Jaya. Pada area tebing  ini telah dibuatkan jalur pemanjatan oleh Tim Merah Putih dan Komunitas Panjat Tebing Cirebon (Mapala, OPA, dan Sispala) sebanyak empat jalur pemanjatan. Disamping itu di Gunung Jaya , juga terdapat obyek wisata religi, yakni  situs Sunan Bonang yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat . (E-001) ***