Pentingnya Cairan Untuk Mobil

31

Mengemudi merupakan salah satu kegiatan yang lazim dilakukan saat ini. Penting untuk memperhatikan cairan tubuh agar tetap fit. Tapi ingat, bukan hanya pengendara saja yang harus fit, kendaraan Anda juga sangat butuh cairan.

Agar perjalanan bisa lancar tanpa masalah, pengemudi bisa melakukan pengecekan sebelum perjalanan. Salah satu bagian yang harus di periksa adalah perihal cairan.

Rifat Sungkar, Direktur Utama Rifat Drive Labs menjelaskan, performa mesin dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu hal yang berpengaruh adalah bagian mesin yang bersifat cairan seperti oli, air dan minyak.

“Untuk performa mesin yang baik harus memperhatikan cairan mesin yang ada. Jangan sampai cairan di dalam mesin kurang agar performa mesin tetap baik,” ujar Rifat Sungkar.

Cairan yang harus dicek mencakup air radiator, air wiper, air aki, oli mesin, oli transmisi, oli power steering, minyak rem dan minyak kopling. Kesemua cairan tersebut harus sesuai takaran dan kondisi yang dianjurkan oleh pabrikan, guna menjaga performa mesin agar tetap maksmimal.

Pria yang juga berprofesi sebagai pembalap mobil, juga menyarankan agar secara rutin memeriksa kebutuhan cairan-cairan tersebut. Jika kendaraan dipakai dalam kondisi ekstrem , pemeriksaan harus dilakukan setiap hari. Tetapi jika digunakan sehari-hari dalam kota  bisa dilakukan setiap 3 hari sekali. (E-002/BBS)***