Tips Memilih Perangkat GPS

37

Kini banyak pengendara sepeda motor melengkapi tunggangannya dengan GPS motor yang memang menjadi produk inovasi terkini. Awalnya fitur GPS ini hanya bisa dijumpai pada mobil, namun seiring berjalannya waktu, teknologi peta digital ini diperkenalkan ke sepeda motor. Sambutan terhadap alat ini , ternyata sangat baik , banyak pemilik sepeda motor yang memasang aksesoris padai motor kesayangannya.

Perangkat GPS ini bisa dibeli di toko sparepart dan bengkel langganan Anda yang menyediakannya beberapa jenis dan  merek. Opsional lain adalah membelinya lewat transaksi jual beli online, karena memang sudah banyak toko online yang menjual aksesoris jenis ini. Tidak peduli dimana Anda membelinya usahakan selalu untuk memilih yang terbaik jangan sampai mudah rusak atau paling parah tidak bisa digunakan sama sekali.

GPS yang didesain khusus untuk sepeda motor tentunya memiliki beberapa pilihan dan Anda sebagai pengguna mesti memilih dengan bijak. Berikut tips yang bisa dicoba:

  1. Memilih jenis yang tepat

Jenis GPS untuk sepeda motor ini sebenarnya ada dua, pertama GPS Navigasi dengan fungsi menunjukan posisi Anda di sebuah penampakan peta digital. Kemudian yang kedua adalah GPS Tracker, sesuai namanya jenis ini dipakai melacak keberadaan motor. Keduanya tentu punya fungsi berbeda dan tugas Anda memilih yang jenisnya sesuai kebutuhan.

  1. Cari yang fiturnya sesuai kebutuhan

Perangkat GPS Motor yang tersedia di situs belanja online maupun konvensional tentu dari produsennya dilengkapi beberapa fitur. Ada yang bisa dihubungkan ke handphone pintar anda dan yang tidak, tentunya fitur ini juga mempengaruhi harga. Jika ditanya yang terbaik jawabannya tentu yang fiturnya lengkap namun belum tentu menjadi yang terbaik untuk Anda pilih. Sebab standarnya tentu saja disesuaikan kebutuhan jangan sampai mengeluarkan banyak uang untuk fitur yang tidak terpakai.

  1. Jadikan merek terbaik sebagai pilihan

Perangkat GPS untuk kendaraan bermotor inipun tentu dibuat oleh pabrikan yang berbeda sehingga ada beberapa merek . Dalam memilih aksesoris yang bermanfaat bagi keamanan dan kenyamanan berkendara idealnya mencari yang terbaik. Merek terkemuka dan banyak direkomendasikan menjadi pilihan yang bisa diutamakan, namun jangan asal merek terkenal. Sebelum dicek spesifikasi dan desainnya apakah cocok dan memang berkualitas, jika  sesuai bisa dibeli dan digunakan sesuai fungsinya.

  1. Harga yang musti sesuai kantong

Harga dari perangkat ini seperti yang disinggung di awal tentunya lumayan beragam, tergantung merek, spesifikasi sampai fitur di dalamnya. Urusan memilih harga sifatnya relatif jadi sekiranya kondisi kantong tidak masalah maka membeli yang paling mahal terasa mudah. Namun untuk Anda yang budgetnya terbatas tidak perlu cemas, banyak perangkat GPS yang lebih murah namun kualitasnya bisa diadu sehingga tidak perlu membeli yang paling mahal .

GPS memberikan banyak manfaat bagi pengendara sepeda motor, antara laini mencegah resiko tersesat dan terjebak kemacetan parah terlalu lama, khusus GPS Navigasi. Kemudian untuk pengguna GPS Tracker untuk melindungi atau keamanan sepeda motornya agar tidak ada yang mencuri . (E-002/BBS)***