Longsor Ancam 8 Rumah Warga

9

Meski rumah mereka yang juga warung di jalan raya cipatat terancam longsor dan banjir, warga memilih bertahan karena tidak memiliki tempat tinggal lainnya. Hingga kini, permerintah kabupaten bandung barat belum turun tangan. Padahal, jarak lokasi galian hanya beberapa meter dari rumah warga.

Inilah proyek galian tanah yang longsor lumpur dan sempat menutup badan jalan raya cipatat. kondisi ini sangat menghawatirkan, karena tepat di bawah tebing berdiri rumah warga yang diajdikan tempat usaha.

Satu rumah sudah jebol pada tembok belakang, sedangkan yang lainya sempat terendam lumpur dan tanah.

Menurut warga, peristiwa ini baru pertama kali terjadi, setelah ada proyek galian tanah yang akan dijadikan pasantren.

Sementara itu, menurut warga lainnya, asep dedi, dirinya terpaksa bertahan di warung, karena tidak memiliki tempat tinggal lagi.

Sebelumnya, lumpur meluber ke jalan akibat galian pembangunan yang tak ditunjang saluran air. material lumpur memenuhi jalan dan mengakibatkan banyak pengendara memperlambat laju kendaraannya. akibat peristiwa ini, 8 rumah warga yang dijadikan warung, terancam longsor jika hujan deras kembali turun. hingga kini, pemerintah setempat belum turun tangan, meski ancaman longsor setiap waktu bisa terjadi.

Algi muhammad gifari, bandung tv.