Obyek Wisata Baru di Sumedang 1000 Kuda Renggong Disertai Tarian Kolosal

49

BISNIS BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Sumedang  terus mengembangkan Seni Kuda Renggong dan seni lainnya perlu dilestarikan sebagai warisan luhur budaya asli Sumedang yang berasal  dari daerah Buah Dua . Selain sebagai wahana hiburan yang selalu menyedot perhatian masyarakat, kuda renggong juga menjadi penunjang perekonomian  pegiatnya.

Sesepuh i Yayasan Seni Kuda Renggong Sumedang (Yeskures), Zaenal Alimin berharap seni kuda renggong  bisa menjadi sajiantontonan  menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara dalam setiap penampilannya

“Seni budaya merupakan bagian dari visi yang telah diluncurkan oleh Pa Bupati yakni Sumedang Simpati. Kami tahu, bahwa pemerintah sedang memproses Perda Sumedang Puseur Budaya Sunda. Oleh karena itu kami siap mendukung dan mensukseskan hal itu,” tutur Zaenal  disela-sela acara Festival Kuda Renggong di Lapangan Bola Desa Legok Kidul, Kecamatan Paseh  yang  diikuti 66 kuda dari 22 kecamatan, Minggu (25/11/2018).

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, sebagai apresiasi terhadap seni budaya lokal , bersama Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) sedang mengupayakan agar kuda renggong bisa masuk wonderful Indonesia.

“Insya Allah  Kadisbudparpora telah menghadap empat Deputi Kementerian Pariwisata RI supaya seni kuda renggong bisa masuk dalam daftar wonderful Indonesia. Jadi nanti kuda renggong akan muncul dalam warisan budaya Indonesia dari Sumedang,” ujar Dony dalam sambutannya di hadapan pegiat kuda renggong dan masyarakat Paseh.

Untuk itu,  kata Dony sebagai apresiasi pemerintah, akan digelar satu event besar yang melibatkan 1000 kuda renggong  yang diiringi tari kolosal, tari umbul dengan latar Bendungan Jatigede.

“Selain itu Pemerintah juga akan membuat tempat khusus GEO theater atau velodrom, yang rencananya akan dibangun di Rancakalong. Nanti jam tayangnya harus jelas dan masuk kalender kegiatan tahunan. Dengan demikian, masyarakat dari dalam dan luar kota termasuk turis mancanegara bisa menikmati pertunjukan dengan nyaman,” ujar Dony. (E-010) ***