Mahasiswa UNIKOM Ciptakan Alat Keselamatan Berkendara

27

Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung kembali membuktikan keahlian dan kemampuannya  merancang bangun teknologi. Kali ini teknologi yang dibangun oleh Divisi Embeded Research Group (ERG) Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berupa alat keselamatan berkendara yang diberinama  My Rivest berbentuk rompi yang  risetnya dilakukan sejak 2016 oleh Tim Rivest Unikom yang terdiri dari Ghiffari Ahmad Nidharghilman (Sistem Komputer), Rais Naufal Hawari (Teknik Informatika) dan Egi Pratama (Sistem Komputer) dibawah bimbingan Agus Mulyana (dosen).

Inovasi rompi keselamatan berbasis Internet of Things ini , guna meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Rivest merupakan sistem terintegrasi yang terdiri dari rompi, aplikasi, dan website yang digunakan oleh pengendara untuk mendeteksi pergerakan pengendara, keadaan cuaca, suhu dan kelembapan lingkungan.

“Alat ini diciptakan pada tahun 2016 awalnya untuk kompetisi. Karena waktu itu sedang maraknya kriminalitas begal di jalan raya. Kami mempunyai ide untuk membuat alat keselamatan berkendara. Dibuatlah My Rivest yang kini terus mengalami proses penyempurnaan. My Rivest merupakan aplikasi untuk membantu pengendara bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang bisa memberi informasi tentang kecepatan, perlambatan serta posisi jika terjadi kecelakaan. Pengendara bisa mendapat peringatan jika mendekati ke daerah yang rawan kecelakaan. Pengguna aplikasi ini juga mendapat informasi jika terjadi kecelakaan di dekat lokasinya. Jika korban kecelakaan menggunakan aplikasi yang sama, informasi tentang data diri dan kondisi korban akan bisa diketahui,”ujar Egi Pratama.

 My Rivest dilengkapi pula dengan  tombol panic button untuk digunakan pada situasi gawat darurat yang akan terintegerasi dengan perangkat Rivest Aplikasi Android.  Fitur yang ada didalamnya meliputi panduan berkendara, lapor, berbagi informasi, dan panggilan darurat, hingga mode berkendara secara kelompok. Sementara itu Website Rivest digunakan untuk memantau dan pemetaan daerah rawan kecelakaan, keberadaan pos polisi serta data pengguna sistem Rivest.

Keberadaan hasil karya teknologi rompi keselamatan berkendara ini, tentunya sangat bermanfaat dalam membantu tugas Kepolisian serta Dinas Perhubungan dalam mengatasi dan mengetahui keberadaan pengendara yang mengalami kecelakaan. Data-data korban kecelakaan dapat secara detail diketahui dengan mudah. Karena setiap orang yang akan menggunakan aplikasi My Rivest, wajib register, mengisi semua biodata pribadi secara lengkap.

Rompi keselamatan karya Divisi Embeded Research Group (ERG) Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil menjadi juara I di ajang nasional diselenggarakan PT Tower Bersama Infrastructure, Tbk “TBIG CreatiON 2018”,di Hotel JS Luwansa Jakarta, 13-16 November 2018. My Rivest dinilai sebagai solusi kreatif yang dilombakan pada kategori Smart Logistics and Transportation.

“Kiprah kompetisi sebagai bentuk validasi, bahwa pengukur risetnya My Rivest sudah benar. Rivest karya Divisi ERG Unikom diharapkan menjadi inovasi bidang smart transportation yang dapat menjawab tantangan dan permasalahan masyarakat, serta menjadi penggerak sektor bisnis para mahasiswa sehingga bisa diterima oleh pangsa pasar secara luas,”ujar Agus Mulyana, Pembimbing Divisi ERG Unikom. (E-002)***