Penggunaan Bahasa Negara Sangat Memprihatinkan

9

            Setelah melakukan kegiatan sosialisasi pemartabatan bahasa negara, 20 September 2018, Balai Bahasa Jawa Barat, 26 November 2018 kembali melakukan kegiatan kebahasaan di Kabupaten Karawang. Kegiatan kali ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi berupa lomba pemartabatan bahasa negara yang diikuti oleh tiga ranah, yakni ranah hotel, rumah makan dan tempat perbelanjaan. Dalam kegiatan yang berlangsung di komplek Pemkab Karawang yang dihadiri Bupati Karawang, disatukan dengan acara pemberian penghargaan bertepatan dengan hari guru nasional.

            Kegiatan lomba pemartabatan bahasa negara yang di gagas Balai Bahasa Jawa Barat merupakan tolak ukur kegiatan sosialisasi pemartabatan bahasa negara. Dalam lomba pemartabatan bahasa, para juri berasal dari tim Balai Bahasa. Hasil penilaian juri, untuk katagori hotel pemenangnya diraih Hotel Citra Grand Karawang, kategori pusat perbelanjaan diraih Mal Cikampek serta kategori rumah makan diraih Rumah Makan Cibiuk. Pemberian penghargaan kepada pemenang lomba diserahkan Bupati Karawang.

            Kegiatan sosialisasi dan lomba pemartabatan bahasa negara merupakan agenda rutin setiap tahun dilakukan oleh Balai Bahasa Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan di kota dan kabupaten se Jawa Barat, karena bahasa negara merupakan identitas bangsa yang harus terus dilestarikan. Saat ini ada kecenderungan, penggunaan bahasa negara mulai memprihatinkan terutama dalam area  ranah usaha, sebab itu kegiatan sosialisasi bahasa negara terus dilakukan agar semua masyarakat mengetahui fungsi dan keutamaan bahasa negara. (E-001) ***