Perlengkapan Wajib Untuk Mobil Pada Musim Hujan

30

Selain menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima, persiapan menghadapi hujan pun tak boleh tersisihkan. Langkah antisipasi menghadapi musim hujan   menjadi hal bijak. Di luar urusan teknis, menyiapkan segala kebutuhan sebelum diterpa guyuran hujan, akan menambah tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara.

Langkah mudahnya, beberapa cairan pembersih seperti glasscleaner dan rain repellentse harusnya sudah diaplikasikan sebelum hujan. Kalau masih digunakan, bubuhi secukupnya sesuai kebutuhan ketika dijalan. Berikut ini beberapa perlengkapan wajib yang harus tersedia pada mobil Anda selama musim hujan.

  1. Kain lap

Kain lap wajib ada dalam menu car care Anda saat musim penghujan ini. Kain lap begitu fungsional kala hujan datang. Tidak sekadar menyeka,kain lap juga membersihkan sekaligusmengeringkan permukaan yang basah. Jenis dan fungsi kain lap pun beragam. Namun Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Misalnya jenis kainmajun, merupakan kain lap konvensional untuk sekadar menyeka dan membersihkan permukaan.

  1. Chamois

Fungsi utamanya menyerap cairan alias mengeringkan sekujur permukaan yang ada. Microfibre, kain ini merupakan teknologi serat super-mini yang mampu “menjerat” kotoran termasuk yang mengandung minyak tanpa menggores. Namun hati-hati lantaran banyak penjual yang menjajakan kain imitasi.

  1. Cairan Pembersih

Peranti selanjutnya adalah cairan pembersih kaca mobil alias glass cleaner. Pandangan Anda bisa tetap terjaga saat berkendara. Selanjutnya ada cairan ‘daun talas’ atau rain repellent. Cairan ajaib ini dapat diaplikasikan dengan cara dioleskan pada kaca dan segera mengeringkannya. Secara otomatis ia akan memberi efek daun talas pada kaca. Air enggan menempel bila menerpa kaca mobil. Jika kualitasnya bagus, Anda tanpa berusah payah menyalakan wiper depan untuk menyeka air hujan.

Yang tak boleh dilupakan  juga adalah memastikan kinerja wiper dalam kondisi baik. Cek isi atau volume cairan wiper (wiper fluid) agar wiper mampu membilas permukaan kaca depan dengan baik.

  1. Squeegee

Squeegee sering kita jumpai saat mengisi bbm di SPBU swasta. Petugas SPBU membersihkan kaca depan menggunakan benda ini. Squeegee cukup efektif digunakan. Pilih produk dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga karet penyeka dalam kondisi kenyal dan lentur untuk kebersihan maksimal.

  1. Perlengkapan Tambahan

Selain perlengkapan utama di atas, perlengkapan opsional ini bisa saja menjadi vital. Misalnya saja seperti ember kecil, kuas dan sikat. Benda ini sewaktu-waktu akan dibutuhkan oleh Anda. (E-002/BBS)***