DISDIKBUD Cianjur Targetkan 50 Lembaga PKBM Terakreditasi

15

Dinas pendidikan dan kebudayaan menargetkan 50 lembaga pusat kegiatan belajar masyarakat di kabupaten cianjur dapat terakreditasi. hal ini bertujuan agar kualitas pkbm lebih baik lagi guna bisa menjadi satuan pendidikan yang berdaya saing, dan bermut.

Guna untuk meningkatkan pusat kegiatan belajar masyarakat dan mendokngkrak tingkat indeks pembangunan manusia  di kabupaten cianjur, forum pusat kegiatan belajar masyarakat serta dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten cianjur menggelar workshop peningkatan kompetensi relawan tenaga pengajar di salah satu hotel di kawasan cipanas, kabupaten cianjur. sebanyak 139 peserta worshop dari lembaga p-k-b-m serta dihadiri disdikbud kegiatan workshop p-k-b-m dibuka selama tiga hari .

Kegiatan worshop ini bertujuan untuk meningkatkan mutu 114 kelembagaan p-k-b-m yang ada di kabupaten cianjur. selain itu, keberadaan pkbm ini sangat penting sebagai sarana pendidikan lanjutan bagi anak jalanan dan siswa putus sekolah, sehingga mereka tetap mendapatkan hak pendidikan yang sama. dari 16 pkbm yang sudah terakreditasi, pihak dinas pedidikan dan kebudayaan kabupaten cianjur ditahun 2019 mendatang menargetkan 50 pkbm sudah terakreditasi. melalui workshop ini, disdikbud menharapkan bisa menambah wawasan  dan ilmu khususnya di dunia pendidikan .

Menurut ketua forum p-k-b-m, kabupaten cianjur berharap, kegiatan workshop ini bisa lebih meningkatkan kapasitas mutu pendidikan, dan lembaga p-k-b-m dapat terkareditasi. hingga saat ini jumlah peserta didik pkbm sebanyak 2470 untuk paket-c, dan 4000 untuk paket-b.

Selain itu, lembaga pkbm diharapkan lebih berperan aktif dalam program pendidikan, serta memberikan bimbingan untuk peningkatan kualitas pendidikan. hal tersebut guna meningkatkan indeks pembangunan manusia di kabupaten cianjur.

Heri setiawan, bandung tv.