Panundaan Ditunjuk Sebagai Desa Siaga Bencana

21

Pemerintah kabupaten bandung melalui badan penanggulangan bencana daerah, terus mengupayakan pencegahan hingga pelatihan bagi masyarakat yang terdampak bencana seperti longsor, gempa bumi, dan banjir. Beberapa kantor desa di kabupaten bandung, sudah bisa digunakan untuk mengevakuasi jika masyarakat mengalami bencana alam, salah satunya di desa panundaan.

Pemerintah kabupaten bandung mengimbau, jika terjadi bencana alam, masyarakat segera mengamankan diri ke tempat yang aman, salah satunya kantor desa. Secara geografis, kantor desa berada di posisi aman bencana.

Kantor desa di kabupaten bandung, salah satunya di desa panundaan, menjadi salah satu percontohan desa yang tanggap darurat. Secara geografis, kantor desa panundaan berada di jalur zona aman.

Menurut bupati bandung, dadang m naser, garis bencana berada di bentangan selatan di kawasan rancabali, kabupaten bandung. Pihaknya menyiapkan beberapa program pelatihan bersama bpbd provinsi dan pusat, untuk memberikan pelatihan bagi wilayah yang rawan bencana di kabupaten bandung. Selain itu, beberapa desa sudah dikategorikan tanggap bencana. Sejauh ini, di kabupaten bandung, ada 17 kecamatan rawan bencana.

Sementara itu, kepala desa panundaan, kecamatan ciwidey, asep ma’mun mengatakan, pemerintah provinsi jawa barat menunjuk panundaan sebagai desa percontohan siaga bencana. Hal tersebut karena, fasilitas aula desa bisa menampung ratusan masyarakat terdampak bencana. Selain itu, panundaan juga siap untuk menggagas sebagai desa tangguh dalam kebencanaan.

Dari kecamatan ciwidey hingga rancabali, panundaan menjadi salah satu desa strategis, untuk menjadi percontohan desa siaga bencana.

Rezytia prasaja, bandung tv.