Benteng Pasir Ipis Tinggalan Kolonial Terpancar Kesan Misterius

21

Membicarakan destinasi wisata di wilayah Kabupaten Bandung Barat  tak akan pernah selesai. Ratusan destinasi wisata tersaji memiliki daya tarik yang menawan, baik yang sudah dikelola atau yang masih dalam pengembangan.Selain kaya akan destinasi wisata alam serta budaya,kawasan Bandung Barat banyak memiliki peninggalan peninggalan kolonial Belanda,seperti  bangunan tua.

Jejak – jejak tinggalan kolonial Belanda di Nusantara bisa terlihat dalam berbagai bidang,salah satunya peninggalan berupa bangunan bangunan tua bekas rumah tinggal dan kantor pemerintahan kolonial Belanda. Di daerah  Kampung Pasir Ipis, Rt 05/06, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, terdapat sebuah peninggalan penjajahan Belanda yang berbentuk sebuah benteng yang membentang hampir sepanjang satu kilometer. Benteng ini disebut  benteng Pasir Ipis yang dibangun pada tahun 1891 – 1930.  Benteng Pasir Ipis ini  , mungkin bentuknya tidak seperti yang anda bayangkan , berupa sebuah tembok besar yang membentang .  Kondisi pisik bangunan Benteng Pasir Ipis  sebagian  sudah tertimbun tanah dan pepohonan dan lumut.

Untuk dapat menyambangi benteng Pasir Ipis ,  sebelum memasuki Pasar Lembang, dekat  sebuah rumah makan bernama Mandarin ada sebuah jalan kecil , ikutilah jalan tersebut atau bertanya langsung pada warga sekitar menuju Benteng Pasir Ipis. Berjalan kaki ekitar 45 menit untuk sampai ke lokasi benteng Pasir Ipis. Dengan pemadangan dan hawa sejuk yang ditawarkan sesampai di benteng Pasir Ipis  , perjalanan yang lumayan jauh dan melelahkan terobati  dengan sajian keindahan alam dengan deretan pepohonan besar dan suara kicau burung yang menyenangkan. Untuk fasilitas penunjang wisata di tempat ini belum tersedia karena lokasi benteng belum dikelola sebagai destinasi wisata.

Keberadaan tempat ini diketahui berdasarkan kabar dari mulut kemulut , entah mengapa bangunan sisa peninggalan kolonial ini belum masuk kedalam benda cagar budaya.Harus dilakukan penelitian lebih lanjut dari instansi terkait mengenai keberadaan benteng ini,sehingga bisa menguak misteri yang menyelimutinya.Layaknya bangunan peninggalan kolonial Belanda lainnya,arsitektur benteng sangat unik dan eksotis.Bagi para pehobi fotografi visual lansekap benteng sangat menantang untuk diabadikan dengan lensa kamera. Di lokasi ini , para pelancong bisa berswafoto dengan latar belakang bangunan benteng. Kesan misterius di area benteng Pasir Ipis terpancar. (E-001) ***