Kuliner Food Truck Restoran Kaget Penyedia Makanan Kesukaan

22

Food truck atau truk makanan, kendaraan yang dilengkapi perabotan dan peralatan  memasak aneka makanan yang disajikan  pedagang . Di antaranya truk es krim yang menjual makanan beku kemasan . Beberapa truk yang dijadikan tempat berjualan , memiliki dapur  untuk memasak , seperti untuk memasak roti lapis, hamburger, kentang goreng dan beberapa makanan cepat saji  merupakan jenis makanan yang lazim dijajakan di mobil makanan. Akhir – terakhir, truk makanan dikaitkan dengan fenomena “restoran kaget”  yang menyajikan makanan khas dan  populer. Truk makanan bersama dengan kedai makanan dan gerobak makanan, berada di baris terdepan industri jajanan jalanan yang melayani ribuan orang setiap harinya.

            Fenomena truk makanan awalnya berasal dari Amerika dan Eropa. Di negara ini, industri makanan yang dijajakan pedagangnya menggunakan truk  menjadi industri dengan skala  besar.Seiring kemajuan jaman,industri truk makanan merambah Indonesia. Dalam beberapa tahun industri kuliner truk makanan tumbuh dengan pesat di kota kota besar.Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan perkembangan truk makanan cukup pesat, kita bisa dengan mudah menemukan truk  makanan menjual aneka hidangan. Keberadaan truk makanan  terlihat bila ada kegiatan pameran yang banyak mengundang massa atau konser musik dan bazar. Sebuah kegiatan  rutin di Kota Bandung.

            Aneka makanan yang dijual biasanya berupa makanan dan minuman yang unik , tergantung dari konsep serta kemasan produk yang dijual. Salah satu keuntungan menjual makanan serta minuman dalam truk diakui para produsen , karena menjangkau langsung  konsumen. Melalui pedagang makanan di kendaraan , konsep wisata kuliner  memiliki pola pemasaran baru, bila sebelumnya menikmati makanan terbatas di restoran,café , bahkan di pedagang kaki lima,sekarang konsumen bisa menikmatinya di truk makanan.

             Bisnis kuliner satu ini sangat menarik banyak orang untuk pergi mengunjunginya dan menikmati dan memilih kuliner yang disukai sesuai seleranya. Konsep unik yang diusung oleh foodtruck merupakan sebuah hal positif  bagi masyarakat di perkotaan.Keberadaan foodtruck di sebuah kota tidak jarang mengundang para pelancong dari daerah lain untuk mencobanya,hal ini dikarenakan makanan serta minuman yang dijual memiliki ciri khas tersendiri. Foodtruck , kini jadi  asset kuliner yang harus terus dikembangkan oleh para pelaku industri. (E-001) ***